Senin, 24 Feb 2020 16:50 WIB

Sama-sama 'Virus Corona', Ini Bedanya SARS-CoV-2 dan COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Bedanya SARS-CoV-2 dan COVID-19 (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sejak kemunculannya di Desember 2019 lalu, penyakit virus corona dari Kota Wuhan lumayan bikin bingung. Tak lain karena ada banyak nama yang disematnya.

Jika dulu sempat menyandang nama sementara 2019-nCoV atau Novel Coronavirus, kini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan nama resminya yaitu COVID-19. Nama tersebut juga mempunyai arti sendiri lho.

COVID-19 adalah singkatan dari kata 'corona', 'virus', dan 'disease'. Sedangkan angka 19 mewakili tahun saat penyakit itu ditemukan yakni akhir 2019.

Pemberian nama tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kekeliruan atau munculnya stigma pada negara, kota, atau kelompok tertentu. Dikutip dari nrp.org, juru bicara WHO menegaskan nama itu digunakan untuk seluruh spektrum, baik ringan hingga berat.

Virus penyebab COVID-19 juga diberi nama. Nama resmi yang diberikan Komite Taksonomi Virus Internasional untuk virus corona Wuhan, adalah SARS-CoV-2, kependekan dari Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2.

Setelah pemberian nama ini, salah satu pakar penyakit pernapasan China, Zhong Nanshan, berharap agar wabah segera selesai. Bahkan ia ingin semuanya bisa teratasi dengan baik.



Simak Video "Respons Tubuh Terhadap Infeksi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)