Selasa, 25 Feb 2020 06:30 WIB

5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Niken Widya Yunita - detikHealth
ilustrasi mengkudu Foto: thinkstock/5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Jakarta -

Mengkudu atau Morinda citrifolia disebut juga buah pace atau noni. Buah mengkudu berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik hitam, serta rasa yang pahit.


Rasa buah mengkudu pahit dan biasanya diminum dengan jus dengan kadar gula rendah. Meski pahit, buah mengkudu memiliki banyak manfaatnya. Salah satunya untuk pengidap diabetes.

Berikut manfaat lainnya buah mengkudu untuk kesehatan seperti dikutip dari Heathline:


1. Kanker


Penelitian awal menunjukkan bahwa mengambil 6-8 gram buah mengkudu setiap hari dapat meningkatkan fungsi fisik, kelelahan, dan rasa sakit pada pengidap kanker stadium lanjut. Namun, buah mengkudu tampaknya tidak mengurangi ukuran tumor.


2. Kerusakan Tulang Belakang Terkait Usia (spondylosis serviks)


Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi jus buah mengkudu dengan fisioterapi selama 4 minggu dapat mengurangi nyeri leher dan meningkatkan fleksibilitas leher. Namun, pengobatan dengan fisioterapi saja dapat menimbulkan rasa sakit.


3. Atasi Mual


Buah mengkudu dapat mengatasi mual. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu mengurangi mual setelah operasi. Namun, tampaknya tidak memengaruhi muntah.


4. Tekanan Darah Tinggi


Penelitian awal menunjukkan bahwa minum 4 ons jus buah mengkudu (https://www.detik.com/tag/mengkudu) setiap hari selama satu bulan dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.


5. Menurunkan Gula Darah pada Pengidap Diabetes


Jus buah mengkudu dikenal dengan antioksidan tingkat tinggi. Antioksidan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Tubuh kamu membutuhkan keseimbangan antioksidan dan radikal bebas yang sehat untuk menjaga kesehatan yang optimal.


Para peneliti menduga bahwa manfaat kesehatan potensial dari jus buah mengkudu kemungkinan terkait dengan kuatnya sifat antioksidan. Kandungan antioksidan utama dalam buah mengkudu termasuk beta karoten, iridoid, dan vitamin C, dan E.


Secara khusus, iridoid menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat dalam sebuah studi meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efeknya pada manusia. Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya antioksidan - seperti yang ditemukan dalam jus buah mengkudu- dapat menurunkan risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.


Efek Samping Buah Mengkudu


Jus buah mengkudu memiliki efek samping. Karena hanya sedikit penelitian pada manusia yang mengevaluasi dosis dan efek sampingnya. Sebagai contoh, satu penelitian kecil pada orang dewasa sehat menunjukkan bahwa minum hingga 25 ons (750 ml) jus buah mengkudu per hari aman.


Namun pada 2005, beberapa kasus keracunan hati dilaporkan pada orang yang mengonsumsi jus buah mengkudu. Pada tahun 2009, Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) mengeluarkan pernyataan yang menegaskan keamanan jus buah mengkudu. Namun, para ahli EFSA melaporkan bahwa beberapa individu mungkin memiliki sensitivitas tertentu untuk efek hati.


Selain itu, orang dengan penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal mungkin menghindari jus buah mengkudu karena tinggi kalium dan dapat menyebabkan kadar senyawa ini dalam darah tidak aman.


Selain itu, jus buah mengkudu dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau yang digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Untuk alasan ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jus buah mengkudu.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)