Selasa, 25 Feb 2020 07:00 WIB

Imbas Corona, Dokter RSHS Imbau Tak ke Luar Negeri Dulu

Wisma Putra - detikHealth
RSHS Bandung RSUP Hasan Sadikin Bandung (Foto: Muklis Dinillah)
Bandung -

Wakil Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dr Anggraini Alam mengimbau warga Jawa Barat untuk tidak berpergian dulu ke luar negeri terutama negara rawan penyebaran virus Corona.

"Bila perlu tidak berpergian dulu, terutama ke luar negeri," kata Anggraini saat konferensi pers di RSHS Bandung, Senin (24/2/2020).

Anggraini berujar, virus ini biasanya menyasar usia dewasa atau lanjut usia. "Karena angka kematian dan angka kesakitan tinggi usia sewasa atau yang sudah tua. Di sini kita harus hati-hati," ujarnya.

Tak hanya itu, yang mempunyai riwayat penyakit juga harus berhati-hati dengan penyakit ini. "Apalagi ada yang punya riwayat merokok, hipertensi, diabetes, stroke dan lain-lain," ucapnya.

Ia menjelaskan, virus Corona merupakan penyakit baru. Kejadian ini banyak terjadi di China salah satunya di wilayah Wuhan. Meski demikian, harus diwaspadai juga di luar China, karena kasus serupa bermunculan.

"Bagaimana di negara di luar China, saat ini sedang meningkat. Kabar di Itali, Iran, Amerika dan di negara tetangga juga ada. Artinya penyakit ini masih berjalan dan justru mulai diluar China," ucap Anggraini.

Ia menambahkan, bahkan sejumlah maskapai udara di dunia sudah menutup perjalanannya. "Mengenai berpergian ini sudah ada peswat yang memberhentikan pemberangkatan udara kota-kota, seperti Singapura oranye, Japan, Amerika dan Korea Selatan sudah menutup," ujar Anggraini.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)