Selasa, 25 Feb 2020 09:38 WIB

Kandung Kemihnya Bisa Fermentasi, Kencing Wanita Ini Mengandung Alkohol

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi tes urine Alkohol terdeteksi di urine wanita yang tidak minum alkohol, ternyata ada kondisi langka (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Seorang wanita di Pennsylvania membutuhkan cangkok hati. Namun setiap kali menjalani tes alkohol sebagai persyaratan utamanya, ia selalu gagal. Padahal ia tidak pernah minum alkohol.

Dokter lalu menemukan fenomena aneh dalam tubuh pasien ini. Mikroba dalam kandung kemihnya ternyata bisa memfermentasikan alkohol, mirip kondisi yang dikenal dengan istilah 'auto-brewery syndrome' (ABS).

Pada kondisi ABS, umumnya mikroba di saluran pencernaan memfermentasikan karbohidrat menjadi alkohol. Orang-orang dengan kondisi ini bisa 'mabuk' alkohol hanya dengan makan karbohidrat.

Namun dalam kasus ini, fermentasi terjadi bukan di saluran pencernaan melainkan di kandung kemih. Alkohol yang dihasilkan di kandung kemih tidak masuk ke peredaran darah, sehingga pasien tidak keracunan maupun 'mabuk'.

Dokter menyebut kondisi ini langka dan bahkan belum ada namanya. Namun dokter mengusulkan untuk menyebutnya 'urinary auto-brewery syndrome' atau 'bladder fermentation syndrome'.



Simak Video "Video Kuburan Massal Jenazah Terinfeksi Virus Corona di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)