Selasa, 25 Feb 2020 12:00 WIB

Manfaat Probiotik yang Berjasa Besar untuk Perkembangan Anak

Akfa Nasrulhak - detikHealth
anak minum susu Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak orang tua menilai perkembangan anak tergantung pada organ otaknya. Padahal, organ lain juga berpengaruh dalam tumbuh kembang anak seperti saluran cerna.

Salah satu organ dalam tubuh ini tidak hanya bekerja dalam menerima makanan dari luar, tetapi berfungsi dalam mempengaruhi perilaku anak. Untuk memaksimalkan tumbuh kembang si kecil, tentu harus diberikan nutrisi yang baik terutama untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

"Saat ini kesehatan usus ini menjadi pusat perhatian karena di dalam usus yang sehat akan menjadikan anak tumbuh kuat dan cerdas. Sehingga usus atau saluran cerna ini sering disebut the 2nd brain (otak kedua). Di dalam usus keseimbangan mikroflora ini adalah yang utama. Hubungan kesehatan saluran cerna-mikroflora (bakteri) dengan otak ini yang sering disebut gut brain axis," jelas Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth, baru-baru ini.

Salah satunya yang dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan dengan pemberian probiotik. Probiotik adalah istilah yang digunakan untuk bakteri hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada manusia terutama diperlukan pada anak.

"Pemberian probiotik ini tentu akan berdampak buat kesehatan saluran cerna, daya tahan tubuh dan juga kecerdasan anak. Selain untuk mencegah alergi, infeksi, penelitian terbaru juga terus mencari hubungan positif probiotik ini dengan behaviour perilaku anak, obesitas dan juga tumbuh kembang anak," bebernya.

Adapun makanan yang mengandung probiotik biasanya adalah bahan-bahan yang difermentasi atau diasamkan seperti yoghurt, kimchi, tape, ragi, dan susu yang diasamkan. Selain itu, lanjut dr Muliaman, ASI juga dilaporkan mengandung bakteri yang baik atau probiotik ini.

Mengingat banyaknya manfaat dari probiotik ini, maka beberapa perusahaan besar membuat probiotik ini yang sesuai dengan kebutuhan anak dan bayi. Hal itu karena saat ini ada 2 jenis probiotik yang banyak di produksi yaitu laktobasilus dan bifidobakterium. Tapi bagi anak, sebaiknya memilih probiotik yang memang hidup di tubuh bayi seperti bifidobackterium.

"Keseimbangan bakteri di usus erat kaitannya dengan beragam masalah kesehatan seperti alergi, gangguan autoimun, bahkan tumbuh kembang anak. Pemberian probiotik ini sekarang terutama dalam susu tidak hanya untuk pengobatan tapi juga untuk pencegahan kelainan tadi," jelasnya.

Untuk itu perlu diketahui peran probiotik sangat penting dalam mencegah kelainan pada anak ini. Anda bisa menemukan probiotik ini dalam Morinaga Chil-School Platinum. Susu ini dilengkapi dengan formula MoriCare Zigma, yang mengandung Triple Bifidobakterium, AA DHA omega 2 dan 6, kolin, laktoferin, vitamin dan mineral.



Simak Video "Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Rapid Test?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)