Selasa, 25 Feb 2020 13:49 WIB

RSCM Rujuk Pasien Imbas Banjir, DPR: 'Kayak Ngemis-ngemis'

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
RSCM banjir lagi Sisa banjir di selasar Unit Penyakit Dalam (Foto: Reyhan/detikHealth)
Jakarta -

Langkah RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk merujuk pasien diapresiasi Nihayatul Wafiroh dari Komisi IX DPR RI. Langkah ini dilakukan usai banjir menggenangi sejumlah titik di RSCM.

Beberapa peralatan kembali terendam pada banjir Selasa (25/2/2020) pagi. Termasuk beberapa alat radiologi dan radioterapi, sehingga pasien dirujuk ke rumah sakit lain untuk mendapat pelayanan.

"Tapi ya malu juga ya, masak RSCM kayak ngemis-ngemis minta bantuan. Apalagi cuma sekedar pompa air gitu lho," kata Nihayatul, di Gedung RSCM.

Menurut Nihayatul, pasien RSCM yang terdampak layanannya telah dirujuk ke sejumlah rumah sakit baik negeri maupun swasta. Untuk rujukan ke rumah sakit swasta, disertai perjanjian bahwa harganya sama seperti di RSCM.

Soal antisipasi banjir, Nihayatul mendorong RSCM membuat planning jangka pendek. Termasuk masalah kekurangan pompa air yang diduga turut memicu banjir di ruang radiologi dan radioterapi RSCM.

"Jangan berharap hujan tidak turun, karena itu sudah di luar kondisi kita. Tapi bagaimana kita bisa mencari solusi sesegera mungkin," tegasnya.



Simak Video "RSCM-FKUI Berniat Kembangkan Terapi Plasma Darah Sembuhkan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)