Selasa, 25 Feb 2020 16:49 WIB

Studi Temukan Orang yang Doyan Minum Kopi Tulangnya Lebih Padat

Firdaus Anwar - detikHealth
kopi panas dan kopi dingin Minum kopi disebut bisa bantu kepadatan tulang. (Foto: iStock)
Jakarta -

Manfaat kopi untuk kesehatan semakin terungkap. Studi terbaru menyebut tulang orang yang rutin minum kopi bisa lebih padat dari orang yang tidak minum kopi.

Hal ini diketahui setelah peneliti dari University of Hong Kong melihat data dari 564 orang dewasa. Di dalam studi peneliti membandingkan kepadatan tulang responden dengan kebiasaan minum kopinya.

Hasilnya orang-orang yang rutin minum kopi dilaporkan dalam jurnal Clinical Endocrinology & Metabolism memiliki kepadatan tulang lebih tinggi. Peneliti secara spesifik menyebut tiga molekul yaitu quinate, 3-hydroxypyridine sulfate, dan trigonelline berkaitan antara kebiasaan mengonsumsi kopi serta kepadatan tulang.

dr Chad Deal dari Cleveland Clinic berkomentar bukti dari studi cukup membantu memperkuat manfaat minum kopi. Hanya saja yang penting untuk diingat adalah agar tidak berlebihan mengonsumsinya.

"Studi ini menunjukkan tampaknya secara umum kopi bagus untuk kesehatan tulang," kata dr Chad seperti dikutip dari Unilad, Selasa (25/2/2020).



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)