Rabu, 26 Feb 2020 06:30 WIB

Tips Enyahkan Bau Kaki Saat Sepatu Basah Kehujanan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Woman Holding Dirty Stinky Shoes Covering Her Nose Sepatu yang kehujanan harus dibersihkan agar tak bau (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi sebagian besar orang, hujan bukan halangan untuk ke kantor. Saat menuju kantor, banyak yang nggak terpikirkan untuk membawa sandal atau sepatu cadangan sehingga membuat alas kakinya basah saat sampai ke kantor.

Jika dibiarkan, sepatu basah kehujanan akan memunculkan bau tidak sedap. Duh nggak banget deh kalau seharian harus jalan dengan kaki bau!

Bau kaki sebenarnya bukan masalah medis yang serius. Meski demikian, bau kaki akan mempengaruhi kepercayaan dirimu dan juga mengganggu orang di sekitar. Permukaan kaki yang lembab akibat hujan menjadi pemicu perkembangbiakan bakteri dan kuman penyebab bau kaki.

Berikut tips enyahkan bau kaki saat sepatu basah kehujanan dikutip dari berbagai sumber.

1. Segera cuci kaki

Segera cuci kakimu dengan sabun antiseptik sebersih mungkin. Sepatu yang basah membuat kaki bau karena bakteri dan jamur yang muncul. Tahu kan kalau sepatu itu tempat bersarangnya kuman-kuman? Makanya, lekas cuci kaki segera setelah sepatu kebasahan.

2. Keringkan kakimu

Sama halnya dengan mencuci kaki, menjaga kaki tetap kering juga penting. Gunakan lap pengering seperti handuk atau tisu untuk mengelap kaki. Infeksi jamur dan bakteri sangat senang tumbuh di kaki yang lembap.

Biar lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan krim anti bakteri atau anti jamur untuk mencegah kuman muncul kembali dari waktu ke waktu.

3. Bersihkan sepatu

Lekas keringkan sepatu, bisa dijemur atau dianginkan agar tidak merusak kualitasnya. Jangan abaikan sepatu yang kebasahan.

Jika ada, taburkan bedak atau semprotkan parfum untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Tapi ingat, jangan letakkan sepatu di dalam ruangan ya. Nanti sepatumu akan makin lembap dan bau.

4. Sumpal sepatu

Siapa sangka kertas atau koran ternyata bisa menyerap bau tidak sedap. Caranya buat gumpalan kertas untuk menyumpal rongga sepatu. Biarkan beberapa saat sebelum digunakan kembali. Memakai sepatu yang sudah dikeringkan dengan metode ini dijamin akan mengurangi risiko kaki dari bau tidak sedap.



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)