Rabu, 26 Feb 2020 07:00 WIB

Round Up

Banjir Genangi Rumah Sakit di Jakarta

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
RSCM banjir lagi Sisa-sisa banjir di selasar unit radiologi RSCM (Foto: Reyhan/detikHealth)
Jakarta -

RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) kembali tergenang banjir pada Selasa (25/2/2020) pagi. Tingginya curah hujan juga berdampak pada operasional beberapa rumah sakit di Jakarta.

Di RSCM, buruknya drainase dan kurang memadainya pompa air menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan di sekitar unit radiologi dan radioterapi. Nihayatul Wafiroh dari Komisi IX DPR RI mengatakan, RSCM butuh sedikitnya 10 pompa air.

"Yang namanya pompa air ternyata hanya ada 2 atau 3, padahal kebutuhan saat ini 10," kata Nihayatul, ditemui di Gedung RSCM, Selasa (25/2/2020).

Genangan banjir kali ini kembali merendam alat-alat radiologi dan radioterapi yang sudah lebih dulu terendam pada akhir pekan sebelumnya. Alat-alat tersebut sempat dikeringkan dan menjalani uji fungsi, namun banjir membuatnya terendam lagi.

Sisa-sisa genangan banjir di RS Husada.Sisa-sisa genangan banjir di RS Husada. Foto: Reyhan/detikHealth

Banjir juga berdampak pada operasional RS Husada yang terletak di kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat. Hingga sekitar pukul 15:20, akses jalan menuju rumah sakit ini masih tergenang hingga setinggi mata kaki.

Dalam video yang viral, banjir juga menggenangi selasar rumah sakit. Pantauan detikcom pada sore harinya, genangan sudah surut dan hanya menyisakan basah dan bercak lumpur di sejumlah titik.



Simak Video "RSCM-FKUI Berniat Kembangkan Terapi Plasma Darah Sembuhkan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)