Rabu, 26 Feb 2020 11:09 WIB

Melakukan 4 Olahraga Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Shenzhen, ?hina - December 7, 2014: Five medical support people help  injured unidentified marathon runner  on the street,one runner running on the distance,shenzhen city,guangdong province,china Foto: iStock
Jakarta -

Jantung merupakan salah satu organ vital tubuh. Oleh karena itu, kesehatan jantung harus benar-benar dijaga. Fungsi jantung yakni memompa darah ke seluruh tubuh, membuat organ yang satu ini begitu penting dan krusial jika tak berfungsi normal.

Ada beragam cara menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan berolahraga. Namun, tak sembarang olahraga baik untuk jantung. Kamu perlu memilih jenis olahraga yang tepat. Berikut akan dipaparkan 4 jenis olahraga yang baik untuk jaga kesehatan jantungmu.

Lari

Ini adalah olahraga yang paling simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Lari punya efek yang sangat baik bagi kebugaran jantung. Agar jantung tidak kaget, awali dengan lari kecil atau jogging terlebih dahulu selama 15 menit. Jika tubuh mulai panas, baru tingkatkan intensitas lari dan capai target baru.

Berenang

Berenang juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Bergerak di dalam air akan membuat jantung terpacu dan lebih sehat. Jika kamu tak bisa berenang, gunakan papan yang bisa membantumu tetap bergerak di dalam kolam.

Bersepeda

Menurut studi British Medical Association, bersepeda secara rutin bisa mengurangi risiko jantung koroner. Dalam studi tersebut disebutkan bahwa bersepeda sejauh 32 kilometer dalam seminggu bisa menurunkan potensi penyakit jantung hingga 50 persen.

Yoga

Tak perlu olahraga berat, dengan olahraga yang tak perlu banyak bergerak seperti Yoga pun bisa menjadi salah satu cara pencegahan penyakit jantung koroner. Bikram yoga adalah salah satu tipe yoga yang bisa membantu mengatur denyut jantung dan membuatnya berfungsi dengan baik.

Dari keempat olahraga tersebut, mana yang cocok untukmu? Pastinya, menjaga kesehatan jantung tak cukup hanya dengan berolahraga. Kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat, tidak merokok, dan tidak makan makanan berkolesterol tinggi.

Sebab, kadar kolesterol yang tinggi bisa menghambat aliran darah ke jantung. Apabila terjadi penyumbatan total maka akan mengakibatkan serangan jantung. Untuk membantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kamu bisa minum Nestle ACTICOR.

Nestle ACTICOR merupakan minuman untuk menurunkan kolesterol yang mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak.

Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Tak hanya itu, Nestle ACTICOR juga bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Mulai hari ini, yuk minum Nestle ACTICOR setiap hari.

(prf/ega)