Rabu, 26 Feb 2020 13:00 WIB

Bayi Usia 17 Hari Jadi Pasien Termuda yang Sembuh dari Virus Corona Tanpa Obat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus virus corona di China dan negara lain terus bertambah. Walaupun begitu, sebanyak 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh. Virus corona meluas ke berbagai negara. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Bayi usia 17 hari telah pulih dari virus corona. Sejauh ini, ia dilaporkan menjadi pasien termuda yang sembuh dari virus corona COVID-19 tanpa obat.

Bayi berjenis kelamin perempuan itu telah meninggalkan rumah sakit pada hari Jumat (21/2) setelah pulih dengan sendirinya tanpa bantuan obat-obatan.

Dikutip Daily Mail dari People's Daily, sebelumnya pasien dipindahkan dari Rumah Sakit Anak di Wuhan tak lama setelah lahir. Bayi yang diberi nama Xiao Xiao awalnya mengalami infeksi pada sistem pernapasannya dan kerusakan miokard ringan atau cedera otot jantung menurut dokter yang merawatnya.

Karena gejalanya yang tidak parah, dokter memutuskan bahwa Xiao tidak perlu diberikan antibiotik dan menunggu sistem imunnya sendiri untuk mengatasi virus.

"Dia tidak kesulitan bernapas, tidak batuk atau demam. Oleh karena itu kami hanya memberikan perawatan medis untuk kondisi miokardnya," tutur dr Zeng Lingkong, direktur Departemen Neonatologi di rumah sakit tersebut.

Kemudian pada Jumat sore, Xiao menjalani tes pemeriksaan virus corona. Hasilnya terbukti negatif dalam tiga tes asam nukleat berturut-turut sehingga ia diizinkan pulang.

"Dia sekarang bebas dari virus corona dan juga penyakit jantungnya. Bahkan dia tumbuh lebih besar dan gemuk saat dirawat di rumah sakit," pungkas dr Zeng.

Sebelumnya, Xiao dikabarkan terinfeksi virus corona dari sang ibu. Ia adalah pasien termuda yang terkonfirmasi virus corona 30 jam setelah waktu kelahirannya.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)