Rabu, 26 Feb 2020 19:06 WIB

Sering Gatal? Kenali Beberapa Faktor Penyebab Ruam Kulit Ini

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Gatal Foto: shutterstock
Jakarta -

Kondisi cuaca dan lingkungan yang kurang sehat bisa menjadi sebagian faktor yang menyebabkan munculnya rasa gatal di bagian tubuh. Terkadang gatal-gatal tersebut bisa menimbulkan ruam kulit yang tidak enak untuk dilihat.

Ruam merupakan perubahan di bagian kulit yang terlihat menonjol dan biasanya memiliki warna kemerahan. Namun ternyata banyak faktor lain yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan munculnya ruam di kulit lho.

Apa saja sih sebenarnya faktor-faktor penyebab ruam kulit? Berikut daftarnya seperti dilansir dari Medical News Today:

Penyakit Eczema

Merupakan penyakit yang menjadi faktor utama dari ruam kulit pada kebanyakan balita dan anak-anak. Penyakit ini bisa disebabkan oleh alergi rhintis, alergi makanan, asma, dan kelainan genetik.

Alergi Kontak

Barang, tanaman, dan berbagai produk sehari-hari yang kita temui bisa menjadi faktor penyebab ruam. Biasanya benda-benda tersebut memiliki kandungan kimia, yang menyebabkan orang-orang dengan kulit sensitif mengalami gatal. Nama kedokteran dari alergi ini adalah allergic contact dermatitis.

Panas

Panas juga bisa menjadi faktor penyebab ruam kulit, hal ini terjadi karena kelenjar keringat tertutup akibat panas. Hal itu menyebabkan inflamasi dan tonjolan merah yang muncul menjadi ruam.

Gigitan Kutu dan Infeksi Cacing

Kutu Kasur (Bedbug) dan Tungau (Scabies Mite) dapat menggigit kulit serta menyebabkan ruam jika kita berada di lingkungan yang tidak bersih. Beberapa orang juga bisa terinfeksi dengan cacing cincin (Ringworm) dan menyebabkan ruam kulit yang cukup parah.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab ruam kulit. Jika ingin tahu lebih lanjut apakah ruam di kulit hanya diakibatkan oleh terik matahari atau infeksi serius dari cacing, bisa bertanya langsung lewat layanan GrabHealth di aplikasi Grab.

Di aplikasi Grab kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter-dokter profesional untuk tahu penyebab ruam tersebut.

Selain konsultasi, Anda juga bisa membeli obat dan produk kesehatan yang berasal dari 300 lebih apotek resmi berlisensi. Apalagi, saat ini ada promo 30 persen untuk beli produk kesehatan yang bisa langsung diantar oleh pengemudi Grab ke tempat Anda.



Simak Video "'SwissCovid', Aplikasi asal Swiss Pendeteksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)