Kamis, 27 Feb 2020 05:00 WIB

Studi Ini Ungkap Alarm Bangun Tidur Terbaik yang Nggak Bikin Pusing

Siti Masluha - detikHealth
ilustrasi bangun tidur Alarm untuk bangun tidur kerap bikin pusing (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Bangun di pagi hari merupakan hal yang cukup sulit untuk sebagian orang. Menurut penelitian baru-baru ini, bunyi alarm di pagi hari memiliki pengaruh terhadap tingkat kewaspadaan seseorang setelah terbangun jadi jangan asal memilih bunyi alarm untuk bangun tidur.

Penelitian di Australia dari Institut Teknologi Royal Melbourne (RMIT) University menyebut bahwa menggunakan bunyi-bunyi melodis seperti musik sebagai alarm membuat tingkat kewaspadaan seseorang menjadi lebih tinggi, ketimbang menggunakan alarm kebanyakan yang berbunyi 'bip bip'.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari RMIT itu mempelajari dampak dari berbagai jenis bunyi alarm dan bagaimana bunyi dapat membantu menghilangkan perasaan grogi ketika bangun tidur. Tujuan dari penelitian itu adalah untuk memahami bagaimana penggunaan suara atau musik sebagai alarm bangun tidur dalam memerangi sleep inertia atau kondisi pusing dan lelah ketika bangun.

Penelitian itu melibatkan 50 orang dewasa sebagai partisipan dan percobaan dilakukan di rumah. Para subjek diminta untuk merekam jenis suara atau bunyi yang mereka gunakan sebagai alarm bangun tidur, kemudian menilai tingkat kewaspadaan mereka dengan menjawab pertanyaan spesifik yang terkait dengan sleep inersia.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang menggunakan musik sebagai alarm memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi, dibandingkan mereka yang memilih suara 'bip bip' yang keras sebagai alarm mereka. Para peneliti juga menemukan bahwa terbangun dengan alarm yang buruk bahkan dapat menurunkan kinerja kerja hingga empat jam lamanya setelah terbangun.

"Jika Anda tidak bangun dengan benar, kinerja pekerjaan Anda dapat menurun hingga empat jam, dan itu telah dikaitkan dengan kecelakaan besar. Ini sangat penting bagi orang yang mungkin bekerja dalam situasi berbahaya tak lama setelah bangun tidur, seperti petugas pemadam kebakaran atau pilot, juga bagi siapa saja yang harus waspada dengan cepat seperti seseorang yang mengemudi ke rumah sakit dalam keadaan darurat," kata pemimpin penelitian, Stuart McFarlane, dikutip dari The Star.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)