Kamis, 27 Feb 2020 05:30 WIB

Ternyata Nggak Cukur Bulu Ketiak Seperti Alexandra Gottardo Ada Manfaatnya Lho!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Alexandra Gottardo Alexandra Gottardo tidak cukur rambut ketiak (Foto: dok. Instagram @alexandra_gottardo)
Jakarta -

Aktris Alexandra Gottardo belum lama ini mengungkap dirinya tidak pernah mencukur bulu ketiak. Menurutnya, nggak perlu malu dengan menumbuhkan bulu ketiak.

"Sudah dari dulu banget. Itu something that naturally happen," ujar wanita yang akrab disapa Alex itu.

Seperti halnya mencukur bulu tubuh, mencukur bulu ketiak hanyalah pilihan estetika seperti memotong poni atau menumbuhkan kumis. Jika kamu tidak mencukur bulu ketiak, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Jarang infeksi

Mengutip Insider, bercukur kadang membuat ketiak memiliki luka dan pori-por di area tersebut membesar. Hal ini memungkinkan racun dan zat kimia dari berbagai produk seperti deodoran, bedak dan krim akan dengan mudah memasuki kulit.

Selain itu, karena rambut menempel pada kelembapan, mencukur ketiak dapat membuat tubuhmu memproduksi lebih banyak keringat.

2. Mengurangi gesekan di kulit ketiak

Punya rambut ketiak juga mengurangi gesekan di kulit ketiak. Keringat yang dikombinasikan dengan gesekan gerakan yang berulang-ulang dapat menyebabkan radang dan ruam yang tidak diinginkan.

3. Daya tarik seksual

Berdasarkan buku Dr Bruce Perry berjudul "Why do we have body hair" dijelaskan fungsi bulu ketiak itu sama dengan rambut kemaluan yaitu sebagai daya tarik seksual. Penjelasan bulu ketiak sebagai daya tarik seksual karena folikel rambut hampir selalu berdekatan dengan kelenjar yang menghasilkan feromon, yaitu bundel molekul yang diproduksi oleh tubuh sebagai sinyal kimia untuk menarik pasangan seks.



Simak Video "Kemenkes: Lansia Perlu Hati-hati Gunakan Herbal untuk Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)