Kamis, 27 Feb 2020 09:33 WIB

Arab Saudi Larang Kunjungan Umrah karena Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kakbah di Masjid Al Haram, Mekkah Pemerintah Arab Saudi melarang kunjungan umrah ke Mekkan untuk sementara waktu. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi mengatakan pihaknya mengambil tindakan pencegahan sejalan dengan upaya Organisasi Kesehatan Dunia untuk menghentikan lonjakan virus corona baru. Arab Saudi telah mengumumkan penghentian kunjungan sementara ke Mekkah dan Madinah karena kekhawatiran wabah virus korona.

Riyadh mengeluarkan larangan tersebut dalam upaya menghentikan penyebaran virus, sehingga pendatang diharapkan menunda kunjungan ke kota-kota suci sebagai tanggapan atas keprihatinan COVID-19.

Saudi Press Agency, situs berita resmi Kerajaan, mengumumkan keputusan hari ini. Laporan tersebut menggambarkan penangguhan masuk ke Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi sementara.

"Kerajaan menegaskan bahwa prosedur ini bersifat sementara, dan harus terus-menerus dievaluasi oleh pihak yang berwenang," tulis situs Kerajaan Arab Saudi.

Arab Saudi juga menangguhkan masuknya para pelancong dari negara-negara yang paling terdampak, yang daftarnya masuk ke dalam laporan pengangguhan tersebut. Kementerian Luar Negeri meminta warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana COVID-19 menyebar.

Sejauh ini lebih dari 80.000 orang telah terinfeksi olehCOVID-19 di seluruh dunia.



Simak Video "WHO Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi Sejak Wabah Corona Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/sao)