Kamis, 27 Feb 2020 14:20 WIB

Pasien Pulih Corona Kembali Dinyatakan Positif Melalui 'Anal Swab'

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona telah mewabah di China sejak Desember 2019 lalu. Hingga kini, tim medis terus berjuang untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona. Pasien pulih corona kembali dinyatakan positif melalui hasil anal swab. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Pasien yang dipulangkan dari rumah sakit di Guangdong, China Selatan, kembali positif setelah dinyatakan sembuh dari virus corona COVID-19. Tes menunjukkan bahwa pasien ini kemungkinan masih membawa virus.

Menurut sebuah laporan yang dikutip dari Straits Times, Song Tie, wakil direktur Pusat Pengendalian Dan Pencegahan Penyakit Guangdong, tidak secara detail menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. Ia juga tidak bisa memastikan apakah pasien ini masih berpotensi menularkan virus.

Namun menurut penilaian awal, para ahli ini percaya jika pasien memang belum sepenuhnya sehat dari infeksi paru-paru mereka. Pedoman dari Komisi Kesehatan Nasional menyatakan kalau pasien dapat dianggap pulih jika ia sudah melakukan tindakan swab tenggorokan atau hidung dengan hasil negatif dalam dua tes berturut-turut.

Direktur unit perawatan intensif Rumah Sakit Rakyat Guangzhou melaporkan, 13 pasien yang sebelumnya dinyatakan pulih, melakukan tes ulang dan menunjukkan hasil positif. Namun, tidak satu pun dari mereka yang menunjukkan gejala.

Cai Weiping, direktur Divisi Penyakit Menular, menjelaskan bahwa hasil positif dari pasien yang sebelumnya pulih ini ditemukan dari anal swab menunjukkan hasil 'lemah positif'. Metode ini memang jarang digunakan, dan tidak sesuai dengan Pedoman Perawatan Nasional. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kedokteran Guangzhou juga menemukan bahwa virus ada dalam sampel tinja, yang disebut sebagai jalur penularan baru.

"Masih belum jelas apakah virus yang terdeteksi pada pasien yang dipulihkan masih aktif untuk menularkan virus," kataCai.



Simak Video "Gejala Infeksi Corona COVID-19 Tak Biasa yang Perlu Diwaspadai"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)