Kamis, 27 Feb 2020 20:00 WIB

Takut Virus Corona, Pasien Ini Enggan Ditangani Staf Medis dari Asia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus virus corona di China dan negara lain terus bertambah. Walaupun begitu, sebanyak 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh. Takut virus corona, pasien ini menolak diatasi staf medis asal Asia. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Di tengah mewabahnya virus corona yang sudah masuk ke 45 negara. Ketakutan akan penyebaran virus ini pun semakin meningkat.

Staf di Royal Children's Hospital Melbourne melaporkan seorang pasien yang tidak ingin ditangani oleh dokter Asia. Hal ini diduga karena imbas dari virus corona yang semakin luas.

"Salah satu staf kami memberi tahu kami bahwa dia (pasien) dan keluarganya menolak untuk ditangani dokter, perawat dari Asia karena adanya kekhawatiran risiko penyebaran virus corona kepada mereka dan anak mereka," kata dr Lewena, salah satu staf di Royal Children's Hospital Melbourne seperti dikutip dari ABC, Kamis (27/2/2020)

Menurut laporan staf setempat pasien juga terlihat menghindari orang-orang yang berpenampilan seperti orang 'Asia'. Hal ini mencerminkan perilaku paranoid yang berlebihan yang berujung perlakuan rasis. dr Lewena juga menilai alasannya ini tak masuk akal.

"Tidak ada alasan kalau ras atau siapa pun, memiliki relevansi apa pun yang berhubungan dengan risiko terhadap coronavirus (COVID-19)" katanya.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)