Jumat, 28 Feb 2020 07:44 WIB

Khasiat Buah Sirsak untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Tri Suharyati - detikHealth
Fresh harvest soursop fruit with leaves. Fresh harvest soursop fruit with leaves. Manfaat buah sirsak. Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi
Jakarta -

Buah sirsak yang memiliki nama latin Annona muricata ini bisa ditemukan di negara beriklim tropis. Sirsak juga mudah ditemukan di Indonesia dan sering dijadikan santapan seperti jus, puding, es buah atau perisa rasa.

Bentuk buah sirsak ini sedikit lonjong dan berukuran cukup besar, memiliki kulit berwarna hijau yang berduri tidak tajam, buahnya berwarna putih berserat, memiliki biji berwarna hitam dan rasanya yang manis asam.

Buah sirsak juga memiliki banyak kandungan seperti karbohidrat, serat, protein, Vit B, Vit C, Kalium, Magnesium dan Kalsium. Kandungannya yang cukup banyak membuat buah sirsak menjadikannya buah yang bisa dikonsumsi secara rutin. Khasiat yang akan didapatkan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari laman Healthline, berikut khasiat buah sirsak untuk kesehatan:

1. Dapat Membunuh Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah sirsak dapat membunuh radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Hilangnya radikal bebas dari tubuh akan menyebabkan terhindar dari penyakit kanker, jantung dan diabetes. Satu studi tabung menguji sifat antioksidan sirsak dan menemukan bahwa itu mampu melindungi secara efektif terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu ekstrak buah sirsak juga dapat mencegah kerusakan sel. Kamu dapat mengonsumsi rutin dengan cara memakan langsung atau di jus.

2. Dapat Membunuh Bakteri

Tubuh manusia tidak jauh dengan adanya bakteri yang bisa merusak pencernaan dan sistem imun. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin kamu akan terhindar dari penyakit bakteri seperti radang gusi, kerusakan gigi dan infeksi jamur.

Manfaat buah sirsak.Manfaat buah sirsak. Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi

3. Dapat Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respon imun normal terhadap cedera, tetapi semakin banyak bukti menunjukkan bahwa peradangan kronis dapat berkontribusi terhadap penyakit. Dengan mengonsumsi buah sirsak atau ekstrak sirsak dipercaya bisa mengurangi pembengkakan akibat radang. Hal ini sudah terbukti dengan penelitian pada hewan dan aman dikonsumsi manusia. Kamu bisa mengonsumsi sirsak dengan cara memakannya langsung.

4. Dapat Mengatur Gula Darah

Bagi kamu atau keluarga yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, ada baiknya mulai rutin mengonsumsi buah sirsak ini. Kandungan potasium pada sirsak dapat mengatur kadar gula dalam tubuh dan bisa memperbaiki gangguan jantung. Kamu bisa mengonsumsinya dengan dijadikan jus.

Manfaat buah sirsak.Manfaat buah sirsak. Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi

5. Dapat Mengurangi Stres

Jika kamu sedang mengalami stres karena kerjaan yang menumpuk atau banyak hal yang tidak bisa kamu selesaikan, ada baiknya kamu istirahat sejenak dan mengosumsi buah sirsak secara langsung. Bisa juga mengonsumsi teh sirsak hangat, dengan begitu kamu akan lebih rileks dan terhindar dari insomnia.



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)