Jumat, 28 Feb 2020 14:31 WIB

Berapa Kali Kita Harus Buang Air Kecil dalam Sehari?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Ilustrasi pira yang sedang buang air kecil. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pernahkah kalian menahan buang air kecil? Pastinya pernah kan, mungkin saat di jalan atau mungkin malas untuk ke kamar mandi. Tapi, sebenarnya berapa kali sih kita harus buang air kecil dalam sehari?

Kandung kemih manusia yang sehat umumnya bisa menampung antara 400-500 mililiter urine atau sekitar 2 gelas. Dengan kapasitas itu, sangat tidak disarankan untuk menahannya.

Dalam satu hari, frekuensi seseorang untuk ke toilet itu sangat bervariasi. Namun, sebaiknya dalam sehari seseorang bisa buang air kecil sekitar empat hingga sepuluh kali. Tapi, jika dirata-rata bisa 6-8 kali sehari untuk buang air kecil.

Jika menahannya, itu bisa menimbulkan beberapa bahaya seperti menyebabkan otot kandung kemih melemah. Selain itu, ada beberapa bahaya lain untuk tubuh seperti yang dikutip dari Times Of India:

1. Inkonsisten urine

Jika tidak teratur buang air kecil, kandung kemih bisa mengalami atrofi atau melemah. Akibatnya, kamu bisa mengalami inkonsisten urine hingga menyebabkan kebocoran urine yang tidak disengaja.

2. Infeksi saluran kemih (ISK)

Buat kamu yang sering menahan buang air kecil, itu dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Itu karena bakteri yang ada di area tersebut mulai berkembang biak. Penyebab lainnya, bisa karena penderita ISK kurang minum.

Gejala ISK yang dirasakan, yaitu sensasi terbakar saat buat air kecil, urine tidak berwarna atau urine berdarah, dan nyeri di bagian perut bawah.

3. Kandung kemih meregang

Sering menahan buang air kecil, bisa membuat kandung kemih meregang. Pada kondisi itu, kamu akan mengalami kesulitan buang air kecil, keinginannya untuk buang air kecil konstan, dan mengalami inkonsisten urine.

4. Retensi urine

Intensitas buang air kecil yang tidak teratur bisa menyebabkan retensi urine. Itu adalah kondisi kandung kemih yang tidak bisa mengosongkan seluruh aliran urine yang ada di tubuh secara bebas lewat kandung kemih dan uretra.



Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)