Jumat, 28 Feb 2020 18:00 WIB

Studi Sebut Kelamaan Duduk di Mobil Bisa Ganggu Kesuburan Wanita

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi wanita sakit perut Studi sebut kelamaan duduk di mobil bisa ganggu kesuburan pada wanita. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sebuah studi sebut bantalan beberapa kursi mobil bisa mengganggu kesuburan wanita. Para peneliti yang terlibat dalam studi University of California ini menjelaskan soal zat berbahaya yang terdapat pada busa di dalam kursi mobil tersebut.

Sebagian busa yang terdapat pada beberapa kursi mobil bahkan dikatakan bisa menyebabkan kanker. Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental International itu menyebut bahan kimia berbahaya yang dimaksud adalah tris phospate yang dikenal juga sebagai 'chlorinated tris' atau TDCIPP.

TDCIPP sendiri terdaftar sebagai salah satu bahan kimia yang dapat memicu kanker dan masalah kesehatan lainnya. Meski dikenal sebagai karsinogen, zat pemicu kanker, banyak perusahaan terutama di industri otomotif masih menggunakan TDCIPP sebagai salah satu bahan yang digunakan pada kursi mobil.

Mengutip Medical News Today, studi menunjukkan, perjalanan panjang menggunakan mobil dapat membuat orang terpapar bahan kimia berbahaya seperti TDCIPP. Profesor David Volz dan timnya telah mempelajari efek yang dihasilkan TDCIPP dan bahan kimia serupa terhadap kesehatan sejak 2011 lalu.

Namun, para peneliti baru mengetahui bahwa TDCIPP yang digunakan di kursi mobil juga berbahaya bagi banyak orang, salah satunya terhadap tingkat kesuburan. Dalam studi ini, para peneliti mengintervensi embrio ikan zebra dengan TDCIPP. Hasilnya, terlihat bahwa bahan kimia tersebut dapat mencegah perkembangan normal embrio.



Simak Video "Mengenal Rekonstruksi Payudara untuk Penyintas Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)