Sabtu, 29 Feb 2020 10:02 WIB

Cegah Virus Corona, Perhatikan Ini untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Akfa Nasrulhak - detikHealth
masker Foto: Shutterstock
Jakarta -

Virus corona COVID-19 masih mewabah di dunia dengan merenggut korban jiwa yang kini masih terus bertambah. Agar terhindar dari virus corona yang mewabah, setiap orang disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sistem imun dan sel-sel darah putih bekerja sama untuk melawan infeksi virus. Sel darah putih diproduksi di tulang sumsum, dengan jumlah normal di antara 5.000-10.000 per mikroliter darah. Jika sel darah putih kurang dari 3.500, maka tubuh dalam kondisi yang dinamakan neutropenia atau sel darah putih menurun dan berakibat tubuh sulit melawan bakteri.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan untuk berfungsi dengan baik dan optimal, sistem kekebalan tubuh harus dapat mendeteksi berbagai agen mikroorganisme, seperti virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, sistem imun juga harus dapat membedakan benda asing dari jaringan sehat.

"Mikroorganisme yang masuk tidak serta merta dapat menimbulkan penyakit pada tubuh jika pertahanan tubuh kuat dan mampu mengeliminasi mikroorganisme yang masuk," tegas dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan terbaik terhadap penyakit menular. Karenanya, sistem kekebalan tubuh harus dijaga agar tetap dalam kondisi optimal dengan pola hidup sehat seperti tidak merokok, rajin berolahraga, mempertahankan berat badan ideal, hingga mengelola tingkat stres dan tekanan darah Anda.

"Lakukan medical check up secara rutin untuk deteksi dini berbagai penyakit, sehingga dapat diatasi dengan cepat," ucapnya.

Selain itu, asupan nutrisi yang seimbang jika diimplementasikan dalam menu sehari-hari dapat mencukupi untuk terpenuhinya kebutuhan tubuh.
Penuhi kebutuhan sehari-hari dengan makan diet tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta rendah lemak jenuh.

Namun ternyata tidak mudah untuk menerapkan sedemikian, sehingga diperlukan suplemen untuk memenuhi nutrisi harian yang tidak dapat dicukupkan dari asupan sehari-hari. Jika Anda merasa setiap hari makanan dan minuman kurang mengandung vitamin atau antioksidan, Anda bisa mengambil manfaat vitamin dari suplemen multivitamin. Konsumsi multivitamin dapat memenuhi kebutuhan harian yang tidak dapat dipenuhi dari nutrisi sehari-hari.

Salah satu multivitamin yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh tetap fit adalah Fatigon. Anda bisa konsumsi Fatigon Spirit sebelum beraktivitas yang mengandung Nano Ginseng Extract untuk stamina tubuh dan L-Carnitine untuk menghasilkan energi.

Selain itu setelah beraktivitas, Anda bisa konsumsi Fatigon Multivitamin dan Mineral yang mengandung vitamin B untuk pemulihan energi dan kalium serta magnesium aspartat untuk menguraikan asam laktat penyebab pegal dan otot kaku.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)