Minggu, 01 Mar 2020 07:39 WIB

Jangan Malas, Ini Manfaat Bangun Pagi di Akhir Pekan Bagi Kesehatan

Siti Masluha - detikHealth
young woman in modern apartment opening window curtains after wake up Ayo jangan malas bangun pagi meski akhir pekan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat akhir pekan kebanyakan orang akan malas untuk bangun pagi. Padahal bangun di pagi hari merupakan gaya hidup sehat yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari Boldsky, ini adalah beberapa manfaat bangun pagi bagi kesehatan kamu.

1. Menjaga pola makan sehat

Orang yang bangun lebih pagi, memiliki waktu untuk sarapan dan memilih makanan yang lebih sehat. Sedangkan orang yang bangun siang, umumnya terburu-buru dan tidak memiliki waktu untuk sarapan asupan yang sehat. Melewatkan sarapan bisa membuat kita lebih tergoda mengonsumsi makanan yang lebih banyak dan tidak sehat seperti junk food, di siang hari.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Istirahat yang cukup menjadi salah satu syarat untuk memiliki kulit yang sehat. Selain itu, bangun lebih pagi juga akan memberikan waktu lebih untuk kamu melakukan langkah-langkah perawatan yang baik untuk kulit dan berolahraga.

3. Meningkatkan produktivitas

Otak seseorang berada pada tingkat paling optimal di pagi hari dan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang lebih baik. Selain itu, orang yang bangun pagi bisa lebih aktif secara fisik dibandingkan dengan orang yang bangun lebih siang.

Kurangnya melakukan aktivitas fisik, bisa berpengaruh buruk pada kesehatan mental maupun fisik seseorang.

4. Tingkatkan konsentrasi

Memulai hari lebih pagi, bisa meningkatkan konsentrasi. Sebab, kita jadi memiliki waktu lebih banyak untuk fokus pada tujuan dan pekerjaan hari itu tanpa terganggu oleh orang lain atau orang di rumah. Studi terbaru mengatakan bahwa bangun pagi membuat kamu cenderung berkinerja baik secara akademis.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat bangun pagi lainnya adalah kualitas tidur akan meningkat. Sebab, orang yang bangun pagi biasanya memiliki waktu tidur yang teratur. Hal ini membuat siklus biologis di tubuh berjalan dengan baik sehingga waktu istirahat bisa dimaksimalkan dengan baik.



Simak Video "Masker Apa yang Paling Efektif Tangkal Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)