Minggu, 01 Mar 2020 10:04 WIB

5 Makanan Ini Bisa Bantu Kamu Panjang Umur

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
makan malam romantis Makanan sehat bisa bantu kamu panjang umur. (Foto: iStock)
Jakarta -

Umumnya saat lapar orang-orang jarang berpikir makanan apa saja yang memiliki gizi sehat untuk dicerna oleh tubuh. Rasa lapar yang dominan membuat kita terburu-buru mengatasinya dengan memilih makanan yang 'enak'. Terkait hal tersebut tahukah kamu bahwa terbiasa mengonsumsi makanan sehat punya keuntungan dapat membantu kita panjang umur.

Inilah beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu umur lebih panjang, seperti dikutip dari Medical Daily:

1. Alpukat

Buah Alpukat berfungsi sebagai pembangkit tenaga dan meningkatkan Nicotinamide Adenine Dinucleotide (NAD+) yang membantu menjaga dari penyakit. Seiring bertambahnya usia NAD+ ini terkuras dari sel kita sehingga penting untuk tubuh mendapat bantuan asupan gizi yang dapat meningkatkannya.

Selain itu kombinasi vitamin B pada alpukat, khususnya B3 (niasin), merupakan nutrisi utama produksi NAD+. Alpukat juga memiliki lemak terbaik yaitu sekitar 77% kalori dari lemak (asam oleat).

2. Susu

Mengonsumsi susu juga dapat memperpanjang umur karena sebagai sumber NAD+. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan University of Lowa, terdapat 3,9 mikromol NAD+ per liter susu sapi biasa.

3. Ikan

Ikan yang berminyak seperti tuna, salmon, sarden, dan makarel memiliki jumlah NAD+ yang juga tinggi dan lebih dari pada ikan berdaging putih. Kandungan dalam ikan tuna mengandung rata-rata 20,5 miligram NAD+ dan untuk ikan salmon mengandung rata-rata 10,1 miligram NAD+.

4. Sayuran hijau

Untuk kebutuhan diet sayuran dapat menjadi pilihan asupan nutrisi kaya serat dan NAD+. Selain gizi yang baik untuk tubuh, terdapat kandungan vitamin B yang tinggi dalam sayuran.

5. Ragi

Kandungan ragi dalam beberapa produk pangan juga bisa membantu dalam meningkatkan NAD+ untuk tubuh. Satu sendok makan ragi kering memiliki 3 gram protein, zat besi yang tinggi, dan sumber vitamin B yang baik bagi tubuh.



Simak Video "Resto Ini Sajikan Makanan Sehat yang Enak Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)