Minggu, 01 Mar 2020 11:03 WIB

Virus Corona di Korsel Tembus Angka 3 Ribu, KBRI Seoul Pastikan WNI Aman

Firdaus Anwar - detikHealth
Dubes RI untuk Korea Selatan. Umar memastikan WNI di Korsel dalam kondisi aman. (Foto: KBRI Seoul)
Jakarta -

Korea Selatan (Korsel) jadi sorotan dunia karena ledakan angka kasus baru virus corona. Pada hari Sabtu (29/2) pemerintah setempat melaporkan ada 800 kasus baru membuat total kasus infeksi virus corona yang terkonfirmasi di angka 3.150.

Terkait hal tersebut duta besar Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi, menjelaskan hingga hari Minggu (1/3/2020) tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul terus berusaha menjalin komunikasi dengan komunitas khususnya yang berada di kota Daegu.

"KBRI juga terus berupaya menyampaikan bantuan masker, hand sanitizer, dan kebutuhan lainnya kepada warga kita yang memerlukan," kata Umar dalam rekaman video yang diterima detikcom, Minggu (1/3/2020).

Umar mengapresiasi beberapa komunitas seperti organisasi mesjid dan gereja Indonesia yang untuk sementara tidak melakukan aktivitas mengumpulkan jemaah. Hal ini dilakukan atas anjuran pemerintah Korsel untuk meminimalisir penyebaran virus.

"Sehingga misalnya pada hari ini, Minggu, beberapa gereja Indonesia melakukan kebaktikan secara online," kata Umar.

"Terakhir saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak di Tanah Air yang menyampaikan rasa simpati, dukungan, dan bantuan konkrit seperti pengiriman masker kepada warga Indonesia di Korea Selatan. Kita semua tetap tenang dan terus waspada," pungkasnya.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)