Senin, 02 Mar 2020 14:14 WIB

RI Sudah Punya Kasus Positif Corona, Kalau Flu Harus Bagaimana?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Penyebaran Novel Coronavirus (2019-nCoV) telah meluas ke sejumlah negara, termasuk Kamboja. Para siswa pun diimbau kenakan masker saat beraktivitas di sekolah. Kapan harus curiga kena virus corona COVID-19? (Foto: AP Photo/Heng Sinith)
Jakarta -

Dua orang Indonesia terkonfirmasi positif virus corona COVID-19. Kedua orang ini pernah melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang terinfeksi virus ini.

Tentu kejadian ini membuat khawatir masyarakat lantaran takut tertular. Ahli paru dari RS Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP, mengatakan masyarakat tak perlu panik dan apabila mengalami sakit flu lebih baik segera berobat ke dokter.

"Langsung berobat tapi jangan panik dan merasa ini corona ya. Kemudian tingkatkan imunitas dirinya dengan makan yang bergizi, hidup bersih dan kalau bisa istirahat saja di rumah," kata dr Diah, kepada detikcom, Senin (2/3/2020).

dr Diah juga mengatakan masyarakat tidak perlu merasa paranoid apabila di lingkungannya ada yang sedang sakit flu.

"Bukan berarti semua orang flu itu langsung berarti mungkin itu corona. Karena yang ini terkonfirmasi sakit karena ada kontak dan itu masuk kriteria. Jadi nggak bisa kita anggap ada yang sakit itu corona," tuturnya.



Simak Video "Seperti Flu Tahunan, Corona Diprediksi Bakal Jadi Endemik "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)