Selasa, 03 Mar 2020 07:35 WIB

Ini Ragam Manfaat Sarapan, Yakin Masih Mau Dilewatkan?

Yudistira Perdana Imandiar - detikHealth
Sarapan Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebab kesibukan atau diburu waktu untuk beraktivitas, beberapa orang kerap melewatkan agenda sarapan pagi. Padahal, sarapan memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh. Dikutip dari naturalbalancefoods.co.uk berikut beberapa manfaat sarapan.

1. Menjaga Fokus Tubuh

Rasa lapar dan lemas karena kurangnya nutrisi membuat pikiran sulit fokus saat beraktivitas. Dengan sarapan, otak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk membuat pikiran tetap fokus dan tubuh memilik energi untuk beraktivitas.

2. Memperbaiki Mood

Makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh mempengaruhi kondisi mood seseorang. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang layak di pagi hari, membuat perasaan lebih bahagia. Sarapan dengan menu tepat juga membuat tekanan gula darah menjadi stabil sehingga tubuh tidak terasa lemas dan emosi lebih stabil.

3. Mengontrol Nafsu Makan

Tidak makan di pagi hari bukan berarti dapat mengurangi kalori harian yang masuk ke dalam tubuh. Melewatkan sarapan justru membuat nafsu makan menggelora di siang hari.

Akibatnya, orang yang tidak sarapan akan mengonsumsi lebih banyak makanan di siang sampai malam hari. Mengganti sarapan dengan ngemil juga berdampak pada peningkatan konsumsi kalori. Jangan heran setelah Anda melewati sarapan selama berhari-hari dan mengubah porsi makan di siang sampai malam hari, bobot tubuh malah meningkat.

4. Tidak Mudah Lelah

Memulai hari dengan rasa lemas dan perasaan malas bukanlah kondisi ideal untuk beraktivitas. Kekurangan energi pada tubuh karena tidak sarapan membuat Anda tidak dapat melaksanakan pekerjaan dengan maksimal. Selain itu, tekanan gula darah rendah akibat kurang nutrisi menjadikan tubuh mudah lelah dan sulit berkonsentrasi.

Sarapan memberikan energi untuk memompa semangat. Karena itu, luangkan waktu untuk sarapan setiap hari. Supaya tidak membuang waktu untuk membuat sarapan setiap pagi, Anda bisa menyimpan stok makanan seperti roti, sereal, susu, dan sebagainya yang mudah dikonsumsi.

Tidak punya waktu untuk berbelanja bahan makanan untuk sarapan? Jangan khawatir, Ada layanan Grab Fresh yang siap membantu untuk membeli bahan-bahan makanan.

Cara pakainya mudah. Buka aplikasi Grab, lalu pilih menu Groceries. Berikutnya, Pilih gerai swalayan dan pilih bahan-bahan makanan yang mau dibeli. Setelah Itu, tekan tombol checkout lalu pilih waktu pengantaran, dan bayar. Bahan makanan akan diantar ke rumah atau lokasi yang Anda telah tentukan.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)