Senin, 02 Mar 2020 19:30 WIB

Menkes Bantah Kecolongan, Adanya Kasus Corona Bisa Jadi Bahan Riset

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Terawan terus memantau kondisi 2 WNI yang positif virus corona. Kondisi kedua orang itu pun dilaporkan cukup baik. Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengumumkan dua kasus positif Covid-19. Keduanya adalah warga Depok, Jawa Barat. Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, menyebut kasus ini bukan berarti pemerintah Indonesia kecolongan.

"Bukan masalah ada-tidaknya virus, tetapi ketahanan kesehatan nasional itu menunjukkan kesiapan kita. Ini nggak ada istilah kecolongan, nggak ada," kata Menkes di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Meski sudah ada kasus positif Covid-19 di Indonesia, ia berharap ketahanan kesehatan Nasional tetap terjaga. Adanya kasus Covid-19 di Indonesia juga ke depannya bisa menjadi bahan riset untuk pengembangan vaksin dan obat virus corona.

"Berarti punya bahan untuk riset selanjutnya. Karena dengan adanya virus ini, virus ini bisa kita periksa, apakah nanti arahnya untuk jadi vaksin atau untuk jadi apa pun akan kita terus riset," tambahnya.

Saat ini disebutkan dua pasien positif Covid-19 tengah menjalani perawatan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta. Keduanya dalam kondisi stabil dan masih terus dilakukan pemantauan.



Simak Video "3 WNI di Kapal Pesiar Jepang Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)