Selasa, 03 Mar 2020 17:04 WIB

Ciri-ciri Terkena Virus Corona dan Gejalanya pada Manusia

- detikHealth
dokter tangani virus corona Ciri dan gejala virus Corona. Foto: Via The Paper
Jakarta -

Indonesia positif virus Corona, masyarakat sebaiknya jangan panik. Ketahui ciri-ciri dan gejalanya ketika seseorang terjangkit virus berbahaya ini.

Dua orang di Indonesia positif terjangkit virus corona. COVID-19 menginfeksi ibu (64 tahun) dan anaknya (31 tahun) yang sempat berkontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Virus Corona jenis baru ini memiliki gejala awal yang mirip seperti flu. Dilansir dalam situs Kementerian Kesehatan, ada beberapa ciri-ciri terkena virus Corona dan gejalanya pada manusia.

Ciri dan gejala virus Corona pada manusia.Ciri dan gejala virus Corona pada manusia. Foto: Getty Images

1. Demam

2. Batuk dan pilek

3. Gangguan Pernapasan

4. Sakit Tenggorokan

5. Letih dan lesu

Virus Corona.Virus Corona. Foto: AP Photo

Sekitar 99 persen pasien juga mengalami suhu tinggi, sedangkan setengahnya mengalami kelelahan dan batuk kering. Beberapa orang juga mengalami nyeri otot dan sulit bernapas. Pada kasus yang lebih parah, gejala virus Corona ini akan menyebabkan infeksi paru-paru, gagal ginjal, sindrom pernapasan akut hingga kematian.

Dilansir dalam laman resmi CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) gejala virus Corona akan muncul dalam waktu 2-14 hari.

Jika ciri dan gejala ini dialami kamu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Hotline Virus Corona (Kementerian Kesehatan RI): 021-5210411 dan 081212123119.



Simak Video "Usai Itaewon, E-Commerce di Bucheon Jadi Klaster Corona Baru Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)