Selasa, 03 Mar 2020 17:09 WIB

Penjelasan Vaksinolog Soal Berhenti Merokok Bisa Cegah Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi rokok Berhenti merokok dapat membantu tingkatkan sistem imun untuk cegah virus corona. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Wali Kota Depok Muhammad Idris Abdul Somad mengimbau warganya agar berhenti merokok. Alasannya karena hal tersebut bisa membantu mencegah penularan virus corona COVID-19 yang di Indonesia saat ini sudah ada dua kasus positif.

Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas menjelaskan ada logika di balik imbauan tersebut. Menurutnya merokok dapat mempengaruhi sistem imun yang kita butuhkan untuk melawan virus.

Namun demikian dr Dirga menegaskan bukan berarti orang yang berhenti merokok bisa sama sekali bebas dari risiko terinfeksi virus corona.

"Berhenti atau tidak merokok tidak secara langsung mencegah infeksi COVID," kata dr Dirga pada detikcom, Selasa (3/2/2020).

"Tapi seorang perokok memang lebih rentan terinfeksi atau sakit saluran napas. Rokok menyebabkan gangguan clearance mechanism saluran napas," lanjutnya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugiantono, mengutarakan hal yang sama. Menurutnya berhenti merokok dan menerapkan gaya hidup sehat jadi poin penting agar tubuh tidak mudah sakit.

"Perilaku lain yang perlu diterapkan untuk mencegah corona termasuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengonsumsi makanan bergizi, dan tidak dekat dengan yang sakit," kata Anung.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)