Selasa, 03 Mar 2020 17:36 WIB

Takut Corona, 4 Orang Periksakan Diri ke RS Kariadi Semarang Sepulang Umroh

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
RSUP dr Kariadi Semarang RS Dr Kariadi Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Sebanyak 7 orang diperiksa di RSUP dr Kariadi Semarang terkait pengawasan Covid-19 atau virus corona. Empat orang di antaranya merupakan jamaah umroh yang baru pulang.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi Semarang, dr Agoes Oerip Poerwoko mengatakan 7 pasien itu sempat datang ke IGD dan 5 di antaranya tidak ada gejala sama sekali, hanya khawatir setelah pulang dari luar negeri sehingga diperbolehkan pulang.

"Ada 7 pasien datang ke IGD. Sebanyak 5 orang tidak ada gejala sama sekali tapi tetap jadi orang dalam pantauan," kata Agoes di RSUP dr. Kariadi Semarang, Selasa (3/3/2020).

Sementara itu 2 orang lainnya sempat diperiksa di IGD dan satu di antaranya sore ini sudah diperbolehkan pulang dan sisanya dilakukan observasi. Meski demikian secara klinis, pemeriksaannya disebut bagus.

"Jadi dia beberapa hari di rumah demam batuk, namun tidak sesak napas, tetap dirawat," ujarnya.

Agoes menjelaskan, kemungkinan terjadinya lonjakan jumlah warga yang khawatir dan periksa ke RSUP dr Kariadi bisa terjadi. Namun ia menegaskan jumlah petugas dan ruang isolasi diusahakan mampu menangani.

"Ada kemungkinan ledakan jumlah pasien yang berobat. Sepuluh rumah sakit yang sudah di-SK-kan Kementrian Kesehatan di Jawa Tengah, termasuk rumah sakit Kariadi," tegasnya.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(alg/up)