Selasa, 03 Mar 2020 23:42 WIB

9 Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Jantung

Puti Yasmin - detikHealth
pizza Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Jantung/Foto: Istimewa
Jakarta -

Penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja dan menyebabkan gangguan bagi kesehatan tubuh seseorang. Maka dari itu, pasien harus menaati makanan yang dilarang untuk penyakit jantung.

Ciri-ciri penyakit jantung biasanya terjadi nyeri pada bagian dada dan menjalar hingga ke bahu atau leher. Selain itu, rasa sakit ini juga diiringi dengan keringat dingin, napas sesak, dan jantung berdebar.

Pantangan makanan penyakit jantung koroner:

1. Pizza

Pizza menjadi makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Makanan ini mengandung sodium, lemak, dan kalori yang sangat tinggi sehingga berbahaya bagi kesehatan jantung.

2. Mie Instan

Lezatnya mie instan ternyata tidak cocok bagi pasien penyakit jantung. Ada beberapa kandungan yang justru tinggi dan berbahaya bagi kesehatan, seperti lemak, hingga beban glikemik.

3. Bakso

Bakso merupakan salah satu daging olahan yang enak. Tapi, bolehkah penderita jantung makan bakso? Jawabannya adalah tidak boleh.

Daging olahan apa saja mengandung tinggi garam, kalori, dan lemak jenuh. Dengan kandungan tersebut, serangan jantung akan lebih berisiko bagi pasiennya.

4. Kue

Ada beberapa jenis kue yang menjadi pantangan bagi pasien penyakit jantung, misalnya kukis dan muffin. Kue tersebut mengandung gula yang tinggi serta lemak jenuh dan lemak trans.

5. Kentang Goreng

Renyahnya kentang goreng ternyata tidak boleh dicicipi oleh pasien penyakit jantung. Pasalnya, kentang goreng mengandung banyak garam dan lemak dari minyak.

Bahkan, sebuah penelitian mencatat seseorang yang makan kentang goreng dua hingga tiga kali seminggu berisiko terkena serangan jantung.

6. Mie Telur

Mie telur juga menjadi salah satu makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Sebab, mie telur bila diolah dengan tambahan kolesterol bisa berbahaya.

Nah, mie telur dengan olahan yang baik dengan tambahan protein dan vitamin B bisa menjadi resep makanan untuk penyakit jantung.

7. Soda

Tak hanya makanan, soda juga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Kandungan gula tersebut dapat berbahaya karena bisa memicu kegemukan bagi pasien penyakit jantung.

8. Keju

Kandungan keju penuh dengan lemak. Artinya, bagi pasien penyakit jantung tidak diperbolehkan mengonsumsi keju karena dapat berbahaya bagi kesehatan jantung.

9. Gorengan

Makanan yang dilarang untuk penyakit jantung terakhir adalah gorengan. Sebab, makanan ini mengandung tinggi lemak yang berasal dari minyak.

Adapun, lemak yang terdapat dalam gorengan bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.



Simak Video "WHO Ngarep Rujuk dengan Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)