Rabu, 04 Mar 2020 05:00 WIB

Ada Pos Pemantauan di RSPI Sulianti Saroso, Bisa Cek Status Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Sebagai salah satu rujukan untuk pasien virus corona COVID-19, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso tidak hanya menyediakan gedung isolasi saja. RSPI juga menyediakan pos pemantauan COVID-19 selama 24 jam.

Pos ini sudah dibentuk sejak minggu ketika bulan Januari 2020 lalu. Namun, pendatang mulai melonjak saat Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan ada pasien positif yang dirawat di RSPI.

"Setelah itu terjadi, peningkatan sekitar 4 kali dari jumlah biasanya. Saya tidak bisa kasih tahu angka, tapi sebelumnya ada (hari) yang kosong," ujar Kepala Instalasi Promosi Kesehatan RSPI Sulianti Saroso Tiur Sani, di RSPI Prof dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (3/3) malam.

Pos pemantauan tersebut disediakan selama 24 jam dengan 3 shift penjagaan, pagi, sore, dan malam. Setiap shift disediakan sekitar 40-an petugas di dalamnya.

Saat masyarakat WNA maupun WNI datang, mereka akan mengisi form untuk mengetahui masuk kategori pemantauan atau pengawasan. Untuk jumlah pendatang tiap harinya tidak diketahui secara pasti.

"Ketika pasien dalam pengawasan, tim kamu akan menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut. Pihak RSPI juga menghimbau untuk masyarakat yang mengalami gelas batuk bahkan punya riwayat bepergian ke negara yang terinfeksi untuk mengecek kesehatannya," jelasnya.

"Kami buka 24 jam dan ada juga hotline ke nomor rumah sakit kami atau bisa ke hp pemantauan 081298865558," pungkasnya.



Simak Video "WHO Jelaskan Penyebab Kasus 'Florona' Bisa Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)