Rabu, 04 Mar 2020 09:00 WIB

Ini Alasan Kenapa Cuci Kaki Saat Mandi Itu Penting

Siti Masluha - detikHealth
Ilustrasi kaki Ini alasan kenapa cuci kaki saat mandi itu penting. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Beberapa orang menganggap mencuci kaki saat mandi itu tidak penting. Padahal, mencuci kaki jadi salah satu cara untuk membuat tubuh tetap sehat. Ada beberapa alasan kenapa mencuci kaki saat mandi itu penting.

Seperti bagian tubuh lainnya kaki juga dapat memproduksi keringat. Ada banyak kelenjar keringat yang dimiliki kaki dan jika digabungkan oleh bakteri yang tumbuh di dalamnya kaki akan menimbulkan bau tak sedap.

Bau yang tak sedap pada kaki biasanya akan hilang setelah kamu mencuci kaki dengan sabun. Tapi, bukan hanya untuk menghilangkan bau, mencuci kaki juga mempunyai beragam manfaat seperti berikut.

Melansir dari Slicemax, berikut beberapa alasan kenapa mencuci kaki saat mandi penting untuk kamu lakukan.

1. Menghilangkan bau kaki

Mencuci kaki secara teratur dan benar dapat membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan keringat yang menumpuk. Membilas kaki hanya dengan air tidak cukup untuk membersihkan kaki, karena hal itu membuat kotoran-kotoran tetap bertahan di kaki kamu.

Kamu harus mencuci kaki dengan sabun saat mandi agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat mencuci kaki, berikan sedikit pijatan untuk meningkatkan aliran darah. Sirkulasi darah yang buruk menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan mengganggu pertumbuhan otot kamu. Selain itu, sirkulasi darah yang tidak lancar juga dapat menimbulkan masalah seperti nyeri otot, kekakuan, dan bahkan mati rasa. Kamu dapat melakukannya dengan mencuci kaki sambil memijatnya di dalam air hangat.

3. Mencegah infeksi

Kaki merupakan bagian tubuh yang rentan terhadap infeksi. Bakteri yang ada di dalamnya bisa menimbulkan berbagai jenis peradangan. Menggosok kaki saat mandi dapat membantu mengelupaskan semua lapisan sel kulit mati bersama dengan mikroba lain yang menyebabkan infeksi.

4. Mengurangi masalah persendian

Saat sel kulit mati tetap menempel di telapak kaki kamu, lapisan kulit yang tidak lagi diperlukan itu akan menumpuk dan menjadi lebih tebal. Hal tersebut dapat mengganggu kaki kamu saat berjalan yang akhirnya akan memengaruhi persendian. Akibatnya, kamu mungkin merasa tidak nyaman saat bergerak.

Jadi, mulailah kebiasaan untuk mencuci kaki saat mandi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.



Simak Video "Wow! Ternyata Cokelat Bisa Harumkan Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)