Rabu, 04 Mar 2020 14:15 WIB

Disebut Ampuh Tangkal Corona, Temulawak dan Jahe Merah Ludes di Pasaran

Khadijah Nur Azizah, Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Temulawak langka gegara corona Temulawak dan jahe merah langka gegara corona. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu beredar tips soal menangkal virus corona Covid-19 dengan konsumsi temulawak dan jahe merah. Menyusul adanya kasus positif Covid-19 di Indonesia, dua bahan rempah ini jadi kian sulit ditemui.

"Temulawak nggak ada, lagi kosong. Jahe merah juga nggak ada tinggal yang kecil-kecil banget," tutur salah satu pedagang di Pasar Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat.

Tak hanya ludes, harga temulawak dan jahe merah pun naik. Temulawak yang awalnya Rp 25 ribu perkilogram saat ini dibandrol Rp 40 ribu. Bahkan untuk jahe merah saat ini perkilogram mencapai Rp 70 ribu.

"Seperempat kilo sepuluh ribu?" ujar salah satu pembeli. Dia terdengar kaget saat mengetahui harga temulawak yang melonjak naik.

Pedagang mengaku ia pun saat ini kesulitan mencari temulawak dan jahe merah di pasar induk. Bahkan saat ini para pedagang menyebut mereka sulit mendapat temulawak karena stok kosong.

"Percaya nggak percaya sih. Di pasar induk itu gede banget, pusatnya. Kuintalnya ada berapa ton tapi bilang nggak ada. Dia untung banyak tuh," ujar pedagang.

"Virus itu kan penyakit kok malah dia (penyuplai) alhamdulillah," pungkasnya.

Menyusul kabar dua warga Depok positif virus corona, tak hanya temulawak dan jahe yang diborong pembeli. Sejumlah masker dan hand sanitizer pun habis bahkan harganya ditinggikan.

Beberapa waktu lalu beredar tips soal menangkal virus corona Covid-19 dengan konsumsi temulawak dan jahe merah.



Simak Video "Khasiat Temulawak yang Digadang Mampu Cegah Infeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)