Rabu, 04 Mar 2020 19:25 WIB

Kemenkes Terima 446 Spesimen: 2 Positif Corona, 10 Berstatus 'Didalami'

Lisye Sri Rahayu - detikHealth
Kepala Balitbangkes Kementerian Kesehatan Siswanto (kiri) bersama Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kementerian Kesehatan Vivi Setiawaty (kanan) mengenakan pakaian steril saat akan memasuki Labotarium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta, Selasa (11/2/2020). Balitbangkes merilis data terbaru hasil pemeriksaan pasien dalam pengawasan novel coronavirus per 10 februari 2020 pukul 18.00 WIB, total kasus yang spesimennya dikirim ke Laboratorium Balitbangkes sebanyak 64 kasus, sebanyak 62 kasus uji spesimen hasilnya negatif novel coronavirus dan dua masih dalam pemeriksaan. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp. Laboratorium Litbangkes (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyatakan total sudah menerima 446 spesimen yang diperiksa terkait virus Corona. Dari jumlah itu, dua sudah dinyatakan positif dan masih ada 10 yang masih 'didalami'.

"Total kita sudah 446 spesimen. 2 positif, 10 yang kita dalami lagi. Kita harus mendalami benar. Dan ini bukan berbicara tentang pemeriksaan spesimen, ini tidak diorientasi untuk pengobatan mereka. Kita paham kasus ini belum ada obatnya," ujar Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto di kantornya, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Achmad mengatakan jumlah spesimen itu didapat dari jumlah 48 rumah sakit di 23 provinsi. Termasuk dengan WNI ABK Diamond Princess dan World Dream.

Dari 446 spesimen itu, ditemukan dua orang positif virus corona yang kini tengah dirawat di RSPI Sulianti Saroso. Di samping itu, ada 10 orang yang berstatus 'didalami'. Namun Yuri tidak menjelaskan lebih lanjut apakah 10 orang berstatus 'didalami' ini masuk kategori suspect ataukah masuk kategori lain seperti pasien diawasi.

"Dari 10 orang yang didalami itu, berasal 9 dari rumah sakit, 1 dari Diamond Princes," kata Yuri.

"Masih kita dalami lagi. Kita tidak ingin ragu kalau positif ya positif, negatif ya negatif. Untuk kapal saya pikir sudah clear 188 Dream World, Diamond Princess 68 clear, 1 masih kita tahan," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WHO Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi Sejak Wabah Corona Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]