Kamis, 05 Mar 2020 13:14 WIB

Ilmuwan China Olah Ragi Roti Jadi Vaksin Antivirus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Banyaknya jumlah orang yang postif virus corona di Wuhan membuat sejumlah lokasi disulap jadi rumah sakit darurat. Yuk, lihat aktivitas para pasien di rs itu. Ilmuwan China olah ragi roti jadi vaksin antivirus corona. (Foto: Chinatopix via AP Photo)
Jakarta -

Media pemerintah China umumkan para ilmuwan mereka sedang mengembangkan vaksin oral virus corona baru Covid-19. Vaksin tersebut menggunakan ragi roti.

Meski begitu, para ahli yang terlibat dalam penelitian tersebut menjelaskan vaksin ini belum bisa dipasarkan karena masih harus melakukan uji klinis pada hewan dan manusia. Hal ini diumumkan oleh Profesor Huang Jinhai dari School of Life Sciences di Universitas Tianjin.

Mengutip Daily Mail, (5/2/2020) vaksin tersebut dibuat menggunakan food grade saccharomyces cerevisae atau ragi roti. Ragi roti berfungsi sebagai penghantar yang ditujukan ke protein Spike pada virus. Hal ini dapat membantu menghasilkan antibodi terhadap virus yang mematikan.

Protein Spike atau protein S bertanggung jawab untuk menginduksi virus ke dalam sel inang di dalam pasien dan merupakan kunci untuk menanggulangi infeksi. Prof Huang mengaku sedang mencari mitra untuk membantu timnya menyelesaikan proyek tersebut.

Setelah itu, otoritas China akan menjalankan uji klinis dan evaluasi produk sebelum masuk ke pasaran. Para ilmuwan memperkirakan dibutuhkan waktu setidaknya enam bulan untuk penemuan ini digunakan oleh rumah sakit dalam jumlah besar.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)