Jumat, 06 Mar 2020 05:30 WIB

Waspada Virus Corona, Ini 5 Tips Menghindari Godaan Menyentuh Wajah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita yang punya jerawat di dahi Sulit sekali menahan godaan untuk tidak menyentuh wajah (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Tidak berlebihan bila para pakar mengatakan pakai masker tidak terlalu banyak membantu mencegah infeksi virus corona COVID-19. Masker hanya menutup hidung dan mulut, dan masih menyisakan mata yang juga bisa menjadi pintu masuknya kuman.

Hidung dan mulut pun tidak sepenuhnya aman. Pada situasi tertentu misalnya saat minum atau berbincang, tangan akan mampir ke muka untuk membuka masker. Pada saat itulah, kuman dari tangan bisa saja pindah ke hidung dan mulut.

Pencegahan paling efektif menurut para pakar adalah sering-sering mencuci tangan, dan yang tak kalah penting adalah menghindari tangan menyentuh wajah. Menggigit kuku, ngupil, dan mengucek-ngucek mata, tanpa disadari menjadi pintu masuk utama terjadinya infeksi.

Tapi bagaimana caranya menghindari godaan menyentuh wajah? Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut, dirangkum dari LA Times:

1. Tanamkan di pikiran

Dimulai dari diri sendiri, hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan di pikiran untuk tidak menyentuh wajah. Segera hentikan ketika muncul pikiran untuk menggaruh hidung, mengucek mata, atau gigit-gigit kuku.

2. Sibukkan tangan

Jangan biarkan tangan menganggur agar tak tergoda untuk menyentuh wajah. Menggambar, bermain games, mengetik, atau apapun yang membuat tangan terlalu sibuk untuk mampir ke wajah.

3. Gunakan alat bantu yang steril

Saat hidung terasa gatal, gunakan alat bantu yang terjamin bersih. Setidaknya, alat tersebut tidak bersentuhan dengan banyak benda seperti halnya tangan, sehingga lebih aman untuk menyentuh wajah.

4. Gunakan sarung tangan

Sarung tangan belum tentu aman dari kuman, jadi fungsi utamanya bukan proteksi secara langsung. Kadang-kadang sarung tangan hanya untuk menciptakan rasa tidak nyaman ketika menyentuh wajah, yang akhirnya membuat kita mengurungkan niat.

5. Minta diingatkan

Punya partner untuk saling mengingatkan tentu akan sangat membantu.



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)