Jumat, 06 Mar 2020 11:55 WIB

Waspada Virus Corona, Ini Cara Cek Demam dengan Tangan

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi demam Cek demam dengan tangan tidak seakurat termometer. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Demam jadi salah satu gejala dari infeksi virus corona (COVID-19). Biasanya seseorang dikatakan demam bila suhu tubuh melebihi batas normal yaitu di atas 37 derajat celsius.

Cara paling praktis dan akurat yang disarankan untuk mengecek demam adalah dengan menggunakan termometer. Namun, bila tidak ada termometer maka tangan juga bisa digunakan sebagai pengganti sementara untuk mengira-ngira suhu tubuh.

Ada beberapa cara mengecek demam dengan tangan yang disarankan ahli. Berikut penjelasannya seperti dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Minta bantuan orang lain

Saat sedang demam kita bisa kesulitan untuk mendapatkan gambaran seberapa panas tubuh. Ini karena bagian kepala mungkin terasa panas namun kaki dan tangan dingin.

Minta bantuan orang lain dengan suhu tubuh normal sebagai pembanding. Minta orang tersebut untuk menyentuh kulitnya terlebih dahulu lalu kulit kita.

2. Pakai belakang tangan

Perawat Rebecca Lee dari RemediesForMe menyarankan memakai punggung tangan bukan telapak tangan untuk mengecek suhu tubuh. Alasannya karena kulit di belakang tangan lebih sensitif terhadap suhu.

"Jangan pakai telapak tangan, karena tidak sesensitif terhadap perubahan suhu dibandingkan kulit di belakang tangan," kata Rebecca seperti dikutip dari The Bustle.

3. Dahi dan leher

Dahi dan leher jadi area yang disentuh untuk mengecek adanya demam. Hanya saja perlu diketahui bahwa kenaikan suhu saat demam sebetulnya terjadi di seluruh tubuh.

Ahli penyakit dalam dr Ehsan Ali, MD, dari Beverly Hills Primary Doctor menjelaskan bila kenaikan suhu tubuh juga dibarengi dengan perasaan lemas maka bisa dipastikan itu demam.

4. Cubit tangan

Tes demam bisa juga dilakukan dengan mencubit tangan. Bila kulit butuh waktu lebih lama untuk kembali ke posisi semula maka bisa jadi itu tanda-tanda dehidrasi. Orang yang demam rentan mengalami dehidrasi.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)