Jumat, 06 Mar 2020 12:11 WIB

1 WNI ABK Diamond Princess Dicurigai COVID-19, Diisolasi di RS Persahabatan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikHealth
Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto Sesditjen P2P Kemenkes, Achmad Yurianto (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 69 WNI ABK Diamond Princess sudah dievakuasi ke Pulau Sebaru. Satu di antaranya diisolasi ke RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, karena dicurigai suspect corona COVID-19.

"ABK Diamond Princess jumlah 69 orang yang kita jemput dan kemudian sekarang sudah berada di Sebaru dari 69 ini ada satu yang kita pisahkan meskipun kondisi fisiknya baik tapi kita mencurigai kemungkinan suspect dia tertular COVID-19 dan sekarang sudah kita isolasi di RS Persahabatan," kata Sesditjen P2P Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto, di COVID-19 Media Center, gedung Bina Graha, Jl Veteran III, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Yuri juga menuturkan, 10 anggota tim medis yang melakukan penjemputan WNI ABK Diamond Princess ke Jepang menjalani observasi. Langkah itu dilakukan karena tim medis itu kontak dekat di negara terdampak corona.

"Data awal 10 anggota medis seluruhnya ini negatif dan hasilnya bagus," ujar Yuri.

Sebelumnya, Yuri mengatakan satu WNI ABK Diamond Princess harus ditahan dulu karena mengalami batuk sehingga harus diambil spesimen kembali.

"Mungkin masih ada satu yang kita tahan di kapal, karena beberapa hari lalu dia ngeluh batuk. Oleh karena itu, kita akan ambil lagi spesimennya. Kalau yang lainnya nggak, aman," ujar Yuri, Rabu (4/3).

Catatan: Artikel asli bisa dibaca DI SINI.



Simak Video "WHO Jelaskan Penyebab Kasus 'Florona' Bisa Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(knv/up)