Jumat, 06 Mar 2020 13:48 WIB

Kemenkes: 4 Orang 'Kelompok Dansa' Diduga Kuat Suspect Positif Corona

Kanavino Ahmad Rizqo - detikHealth
Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta melakukan sterilisasi di Amigos Cafe, Kemang, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Sterilisasi ini dilakukan karena dugaan warga negara jepang yang terinfeksi virus corona pernah singgah ketempat ini. Petugas mensterilkan restoran tempat kasus-1 diduga tertular (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan ada empat orang yang diduga kuat suspect positif virus Corona Covid-19. Keempat orang tersebut diduga mempunyai kontak dekat dengan kasus 1.

"Namun yang betul- betul kontak dekat sudah kami lakukan pemeriksaan dan saat ini sedang kita observasi di RS. Untuk empat orang yang kita duga kuat ini suspect positif," kata Sekretaris di Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes yang juga juru bicara pemerintah dalam penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Yurianto mengatakan hasil pemeriksaan laboratorium akan keluar sore nanti. Hasil laboratorium juga keluar bersamaan di hari kelima pemeriksaan kasus 1 dan kasus 2.

"Untuk hasil lab, nanti sore juga sudah datang. Karena sudah kita ambil spesimennya, bersamaan dengan pemeriksaan hasil lab di hari kelima untuk kasus satu dan kasus dua. Yang diharapkan sore ini juga selesai sehingga ada pertemuan kita sore nanti mudah mudahan data sudah kita dapatkan semuanya," ujar dia.

Menurut Achmad, keempat orang itu diduga suspect kuat lantaran melakukan kontak dekat dengan pasien positif Corona. Itu diketahui setelah tim Kemenkes melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang berada di perkumpulan dansa.

"Karena kita yakini kontak dekat, diyakini kontak dekat maka kita masukkan di dalam suspect apalagi dari 4 orang ini ada tanda-tanda influenza sedang dan kemudian kita tracing influenza-nya itu setelah dengan kasus 1 dan kasus 2," ujar dia.

Catatan: Artikel asli bisa disimak DI SINI.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(knv/up)