Jumat, 06 Mar 2020 14:12 WIB

Ini Manfaat Cuci Tangan untuk Cegah Penularan Virus Corona

Yudistira Imandiar - detikHealth
cuci tangan Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjaga kebersihan tubuh menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Setelah bersalaman atau menyentuh berbagai benda di sekitar, dianjurkan untuk mencuci tangan.

Melansir theconversation, mencuci tangan telah teruji secara saintifik dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit. Membersihkan tangan dengan tepat mampu mencegah terjangkit penyakit pernapasan dan pencernaan. Hal itu terjadi karena dengan mencuci tangan, bakteri yang ada di tangan tidak masuk ke saluran pencernaan dan pernafasan.

Adapun cara mencuci tangan yang dianjurkan, yaitu dengan membasahi tangan dengan air bersih. Selanjutnya, tuangkan sabun dan usapkan ke seluruh bagian tangan, termasuk sela-sela jari dan kuku. Tahapan selanjutnya, yaitu bilas dengan air bersih sampai tidak ada lagi sisa sabun. Jangan lupa keringkan tangan dengan lap kain atau tisu.

Masih banyak dari kita yang enggan mencuci tangan secara rutin. Padahal, banyak penyakit yang bisa timbul karena kebiasaan buruk tersebut. Selain infeksi virus corona, diare dan tuberkulosis turut menjadi ancaman buat orang-orang yang malas mencuci tangan.

Setiap kali cuci tangan, jangan lupa gunakan sabun. Karena, air saja tidak cukup untuk menghilangkan bakteri. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis sabun, seperti produk dari Dettol dan Lifebuoy. Selain membersihkan tangan, produk sabun tersebut memiliki berbagai varian aroma sedap.

Produk-produk sabun pencuci tangan ini bisa kamu temui dengan mudah di e-catalogue Transmart. Untuk mengaksesnya, klik menu di homepage detikcom, pilih menu 'Layanan', lalu pilih 'Transmart'. Ada berbagai promo lho yang bisa kamu dapatkan.

Yuk, segera beli produk kebutuhanmu di gerai Transmart Carrefour se-Jabodetabek dan dapatkan harga spesial dengan menunjukkan barcode yang tertera di e-catalogue Transmart.



Simak Video "Kenapa Kita Perlu Vaksin? Ini 4 Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)