Jokowi Bagikan Tips Cuci Tangan yang Baik untuk Cegah Corona

ADVERTISEMENT

Jokowi Bagikan Tips Cuci Tangan yang Baik untuk Cegah Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 06 Mar 2020 15:17 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat soal pusat data nasional
Presiden Jokowi (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta -

Saat ini diketahui dua WNI terinfeksi virus corona Covid-19. Untuk menekan angka penularan, masyarakat diimbau agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

Presiden Joko Widodo belum lama ini membagikan video tips sederhana untuk mencegah penyebaran virus corona. Video yang diunggah oleh akun resmi Sekretariat Presiden di Youtube memperagakan cara Jokowi mencuci tangan yang benar.

"Pertama, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun," imbuhnya.

[Gambas:Youtube]




Dalam video yang berdurasi sekitar 2 menit tersebut juga berisi imbauan Presiden Jokowi agar tidak khawatir berlebihan dengan virus corona. Sebab dari data yang diperoleh angka kesembuhannya terbilang tinggi.

"Virus korona dari data yang saya terima, 94 persen lebih penderitanya dapat disembuhkan," katanya kemudian.

Selain mencontohkan cara mencuci tangan yang baik dan benar, masyarakat juga dianjurkan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Menjaga jarak dengan siapapun yang batuk karena Covid-19 menyebar melalui droplet.

Terakhir, Presiden Jokowi menuturkan saat ini musuh masyarakat saat ini bukan virus corona tapi rasa cemas berlebihan dan berita hoax yang beredar dan meresahkan.

"Jadi sebenarnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan dan berita-berita hoax serta rumor. Kita sebenarnya harus yakin dengan fakta informasi, solidaritas bersama dan gotong royong," tutupnya.



Simak Video "Indonesia dan China Kerja Sama Kembangkan Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT