Jumat, 06 Mar 2020 18:25 WIB

Cuma Punya 11 Ruang Isolasi, Ini 'Curhat' RSPI Sulianti Saroso

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya. RSPI Sulianti Saroso (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Rumah Sakit Penyakit Menular (RSPI) Sulianti Saroso hanya memiliki 11 ruangan isolasi. Sembilan di antaranya terisi dan 2 lainnya digunakan sebagai cadangan darurat.

Karena keterbatasan ini, Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, SpP, menghimbau rumah sakit lain untuk tidak asal kirim pasien yang akan diisolasi. Hal ini mengantisipasi adanya penyalahgunaan ruangan khusus seperti ini.

"Oh iya, mohon disampaikan ke RS lain, janganlah asal kirim pasien. Harus betul-betul memenuhi kriteria," kata dr Syahril pada wartawan di RSPI Sulianti Saroso, Jumat (6/3/2020).

"Karena waktu itu pernah kejadian kan. Kasian lho pasien jauh-jauh datang, akhirnya kita masukkan ke ruang biasa," lanjutnya.

Ini dilakukan untuk menghemat penggunaan ruangan isolasi yang memang diperuntukkan bagi pasien yang berstatus suspek atau memang positif. dr Syahril menganjurkan pasien yang memiliki gejala ringan dan tidak ada indikasi kontak atau bepergian ke negara terjangkit, untuk dirawat di rumah sakit sebelumnya.

"Itu kan pas awal, tapi kan bisa terjadi lagi nih terutama untuk rumah sakit yang belum paham informasi karena dia sekarang taunya begitu (rujuk ke RSPI), padahal cuma pneumonia biasa," tambahnya.

Baca juga



Simak Video "Curhat Dirut RSPI SS: Dokter Juga Takut Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)