Sabtu, 07 Mar 2020 05:00 WIB

8 Manfaat Teh Hitam Dikonsumsi Tiap Hari untuk Kesehatan

Niken Widya Yunita - detikHealth
Teh hitam Foto: Istock/8 Manfaat Teh Hitam Dikonsumsi Tiap Hari untuk Kesehatan
Jakarta -

Teh hitam adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, selain air putih. Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering dicampur dengan tanaman lain seperti Earl Grey.


Teh hitam lebih kuat rasa dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lainnya. Tetapi lebih sedikit mengandung kafein daripada kopi.


Teh hitam juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.


Sebuah penelitian menunjukkan kalau teh hitam dapat menurunkan berat badan dan melunturkan lemak di perut. Apalagi manfaat teh hitam?


Berikut 10 manfaat teh hitam untuk kesehatan dilansir dari healthline:


1. Memiliki Sifat Antioksidan


Antioksidan diketahui memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mengonsumsinya dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh.


Hal ini nantinya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Sebab teh hitam mengandung polifenol atau jenis antioksidan. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung


Teh hitam mengandung kelompok antioksidan lain yang disebut flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain teh, flavonoid dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, anggur merah, dan cokelat hitam.


Mengonsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida dan obesitas.


Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang minum tiga cangkir teh hitam per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung. Jadi menambahkan teh hitam ke rutinitas harian adalah cara mudah untuk memasukkan antioksidan ke dalam makanan dan berpotensi mengurangi risiko komplikasi kesehatan.


3. Dapat Menurunkan Kolesterol


Tubuh mengandung dua lipoprotein yang mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah low-density lipoprotein (LDL), dan yang lainnya adalah high-density lipoprotein (HDL).


Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Satu studi menemukan bahwa minum lima porsi teh hitam per hari mengurangi kolesterol LDL sebesar 11% dengan kadar kolesterol sedikit.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Usus


Penelitian menemukan bahwa jenis bakteri dalam usus memainkan peran penting dalam kesehatan. Hal itu karena usus mengandung triliunan bakteri, serta 70-80% dari sistem kekebalan tubuh.

Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus. Selain itu, teh hitam mengandung sifat antimikroba yang membunuh zat berbahaya dan meningkatkan bakteri usus dan kekebalan dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.


5. Membantu Mengurangi Tekanan Darah


Tekanan darah tinggi memengaruhi sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia. Hal ini dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan ginjal, stroke, kehilangan penglihatan, dan serangan jantung. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah, salah satunya mengonsumsi teh hitam.


Sebuah studi menyebutkan peran teh hitam dalam menurunkan tekanan darah. Mereka yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama enam bulan mengalami penurunan tekanan darahnya.


6. Membantu Mengurangi Risiko Stroke


Stroke dapat terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah. Penyakit ini disebut menjadi penyebab kematian nomor dua di dunia.


Namun stroke dapat dicegah. Misalnya dengan mengatur pola makan, aktivitas fisik, tidak merokok, dan mengonsumsi teh hitam. Satu studi menyebutkn mereka yang minum empat atau lebih cangkir teh hitam per hari memiliki risiko stroke 32% lebih rendah daripada mereka yang tidak minum teh.


7. Meningkatkan Daya Fokus


Teh hitam mengandung kafein dan asam amino yang disebut L-theanine, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. L-theanine meningkatkan aktivitas alfa di otak, menghasilkan relaksasi, dan fokus yang lebih baik.


Studi telah menemukan bahwa minuman yang mengandung L-theanine dan kafein memiliki dampak terbesar pada daya fokus karena efek L-theanine pada otak.


8. Atasi Jerawat


Manfaat teh hitam lainnya untuk mengatasi jerawat. Caranya, pakai ampas teh hitam sebagai scrub.


Awalnya bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan toner, lalu cuci muka. Kemudian oleskan ampas teh hitam ke wajah secara merata. Pijat lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah selesai, bilas lagi dengan air hangat. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali seminggu untuk menghilangkan jerawat.



Simak Video "Game Viral Among Us dan Diagnosa Impostor Syndrome"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)