Sabtu, 07 Mar 2020 07:00 WIB

Cara Ampuh Menangkal Virus Corona COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi minum obat Perlukah minum suplemen untuk menangkal virus corona? (Foto: iStock)
Jakarta -

Virus corona Covid-19 diketahui bisa dicegah jika imunitas tubuhnya baik. Banyak cara untuk mendapatkan sistem imun tubuh yang baik, salah satunya disebut melalui penggunaan suplemen. Benarkah cara tersebut?

Spesialis penyakit dalam, dr Haryono, SpPD, FINASIM, dari Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknogi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kementerian Pemuda dan Olahraga RI menjelaskan menjadikan suplemen sebagai satu-satunya penunjang sistem imun tubuh tidak dianjurkan.

"Bahwa ada pemberian suplemen itu bisa digunakan tetapi kalau kita hanya mengandalkan itu saya kira itu bukan hal yang tepat, karena beberapa kepustakaan yang sudah diuji mengatakan pemberian obat-obat suplemen itu ternyata lebih banyak 'katanya dokternya', 'katanya pelatihnya', tanpa mendapatkan dasar pengetahuan yang baik," ujarnya saat ditemui di kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Indonesia, Gedung FX Office Tower, Lantai 17, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020).

Alih-alih menggunakan suplemen, ia lebih menyarankan untuk menjaga imunitas tubuh dengan konsumsi sayur dan buah, disertai dengan makanan dengan nutrisi seimbang. Ia juga mengimbau untuk memintakan resep dokter jika tetap ingin menggunakan suplemen.

"Jadi saya pikir sih kalau pemberian suplemen harus konsultasi langsung dengan dokternya," ungkapnya.

Senada dengan dr Haryono, Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI, Ketua Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia, menjelaskan konsumsi sayur dan buah sangat disarankan untuk menjaga imunitas tubuh.

"Boleh itu nggak apa-apa (pakai suplemen). Namanya juga kita usaha, penguatan diri kita jadi lebih kuat, tapi itu bukan spesifik untuk Covid-19, kita kan harus meningkatkan imunitas konsumsi sayur dan buah, baru ditambah vitamin, suplemen," jelasnya.

Tak banyak berbeda, Prof Iris juga menegaskan pemakaian suplemen harus menggunakan resep dokter. "Tapi dengan resep dokter, karena ada suplemen yang tidak cocok untuk (orang yang punya) penyakit-penyakit tertentu," lanjutnya.



Simak Video "Mari Lakukan Protokol Kesehatan untuk Membantu Sesama"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)