Sabtu, 07 Mar 2020 11:01 WIB

Thalita Latief Idap Tumor Tiroid, Kondisi Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Thalita Latief saat ditemui di studio Trans TV. Thalita Latief idap tumor tiroid. Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Artis Thalita Latief divonis mengidap tumor di tiroidnya pada Januari 2020 lalu. Setelah disimpan lama, akhirnya ia buka suara terkait penyakitnya dan akan menjalani operasi.

"Jadi kalau kalian nonton video ini sekarang, berarti aku sudah masuk ruang operasi. Aku mohon doanya ya agar operasi pengangkatan tumor ini berjalan lancar. Mohon maaf lahir batin, mohon maaf jika perbuatan aku selama ini ada salah," tutur Thalita dalam Instagram miliknya.

Sebenarnya apa sih tumor tiroid itu?

Tumor adalah benjolan yang terbentuk pada jaringan yang menyerupai pembengkakan. National Cancer Institute mendefinisikan tumor sebagai massa jaringan abnormal yang dihasilkan saat sel membelah lebih dari yang seharusnya.

Ukuran tumor bervariasi, dari nodul kecil ke besar tergantung jenisnya. Tumor ini juga dapat muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk di kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar terbesar di dalam tubuh. Bisa ditemui di bagian depan leher atau sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Dikutip dari Medicine Net, tumor tiroid ini merujuk pada nodul tiroid, yaitu benjolan padat atau berisi air yang dibentuk dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor jinak ataupun kista.

Benjolan yang ada di kelenjar tiroid atau nodul tiroid ini sebagian besar bersifat jinak, tapi ada juga yang berpotensi menjadi kanker. Nodul yang memiliki sedikit cairan atau koloid lebih cenderung bersifat kanker.

Namun dikutip dari American Cancer Society, pada beberapa jenis nodul pada membengkak menjadi benjolan yang memiliki banyak sel, tapi itu bukanlah sel kanker.

Biasanya nodul tiroid ini jika dibiarkan saja tidak akan tumbuh membesar. Namun untuk meyakininya, bisa diperiksakan ke dokter agar hasilnya lebih akurat.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)