Sabtu, 07 Mar 2020 12:01 WIB

Virus Corona COVID-19 Vs Flu, Mana yang Lebih Bahaya?

Siti Masluha - detikHealth
Ilustrasi Sakit Flu COVID-19 Vs flu, mana yang lebih berbahaya? Foto ilustrasi: shutterstock
Jakarta -

Apakah virus corona COVID-19 benar-benar berbahaya? Apa bedanya dengan flu yang juga membunuh banyak orang? Untuk menjawabnya, berikut penjelasannya, dikutip dari New York Times.

Mana yang lebih berbahaya?

Sejauh ini virus corona tampaknya lebih berbahaya daripada flu berdasarkan angka pasien yang terinfeksi dan angka kematiannya.

Rata-rata, flu musiman membunuh sekitar 0,1 persen orang yang terinfeksi. Sedangkan untuk kasus virus corona, di perkiraan awal tingkat kematian di China adalah sekitar 2 persen. Namun, menurut laporan The New England Journal of Medicine, ada sebanyak 1.099 kasus di China atau sekitar 1,4 persen.

Mana yang lebih menular?

Sampai saat ini virus corona tampaknya lebih menular daripada flu. Rata-rata orang yang telah terinfeksi virus corona dapat menularkan setidaknya 2-3 orang. Tapi saat ini telah terjadi penularan yang signifikan di beberapa negara seperti Korea Selatan dan China.

Siapa yang paling berisiko terkena infeksi?

Kedua jenis virus ini paling berisiko bagi lansia, atau orang yang memiliki penyakit kronis dan sistem kekebalan yang lemah. Tetapi flu tampak jauh lebih berisiko bagi anak-anak karena sampai saat ini anak-anak yang terinfeksi virus corona hanya memiliki gejala ringan atau tidak ada.

Bisakah kita kebal terhadap virus corona?

Setelah terinfeksi virus, biasanya tubuh akan mengembangkan antibodi dalam darah untuk melawan virus dan melindungi tubuh tertular lagi. Namun, untuk kasus virus corona hal ini belum dapat dipastikan.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)