Sabtu, 07 Mar 2020 16:02 WIB

Mendadak Langka dan Mahal, Bikin Masker Sendiri Aman Nggak Ya?

Siti Masluha - detikHealth
Masker di Pasar Jaya Langka karena corona, bikin masker sendiri ternyata ada bahayanya. (Foto: Herdi Alif Al Hikam)
Jakarta -

Saat ini, masker menjadi barang yang cukup langka dan mahal. Hal ini disebabkan oleh wabah virus corona yang muncul pada Januari lalu.

Masyarakat membeli banyak masker untuk melindungi diri mereka dari kemungkinan tertular virus corona, sehingga membuat masker sulit untuk ditemukan di pasar swalayan ataupun toko online.

Setelah kelangkaan itu, beberapa masyarakat berinisiatif untuk membuat masker mereka sendiri di rumah. Mereka menggunakan tisu basah, kertas toilet atau handuk untuk itu. Banyak orang juga membagikan tutorial bikin masker karena kelangkaan setelah diborong lantaran heboh virus corona.

Lalu apakah membuat masker sendiri adalah ide bagus?

Melansir dari Men's Health, masker buatan sendiri justru meningkatkan risiko infeksi pada wajah kita. Centers for Disease Control (CDC) juga tidak merekomendasikan masyarakat untuk memakai masker selain masker yang telah ditetapkan.

Selain itu, menurut CDC masker buatan sendiri sangat tidak efektif untuk menangkal virus corona masuk ke dalam tubuh. Ada juga ahli yang berpendapat mengenai fenomena membuat masker sendiri.

"Saya tidak percaya jika masker buatan sendiri adalah upaya yang bijaksana untuk orang-orang," kata Amesh A. Adalja, M.D., sarjana senior di Johns Hopkins Center for Health Security, Amerika.

Adalja mengatakan, bahwa masker buatan sendiri tidak efektif dan meningkatkan risiko infeksi.

"Tidak terlalu efektif dan secara paradoks meningkatkan risiko infeksi jika seseorang menyentuh wajah mereka dan merasa itu aman," jelas Adalja.



Simak Video "Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)