Sabtu, 07 Mar 2020 18:02 WIB

Terus Meluas, Kasus Global Covid-19 Tembus 100 Ribu Pasien

Erfan Eke - detikHealth
Jumlah korban jiwa imbas virus corona terus bertambah. Hingga hari ini, Rabu (19/2) korban tewas akibat virus itu mencapai lebih dari 2 ribu orang secara global Wabah virus corona melanda di beberapa negara. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Penyebaran virus corona COVID-19 sejauh ini semakin bertambah dan tidak ada tanda-tanda kemunduran. Kasus ini sudah melampaui 100 ribu di seluruh dunia pada hari Jumat (6/3). Sebagian besar kasus ini berada di dataran China diikuti oleh Korea Selatan, Iran, dan Italia.

Virus corona baru yang mirip seperti flu terus menyebar ke luar China. Jumlah total kasus saat ini berada di angka 100,055 pada hari Jumat (6/3), merujuk pada data yang dikumpulkan John Hopkins. Kasus COVID-19 sebagian besar berada di dataran China, diikuti Korea Selatan, Iran, dan Italia.

Lebih dari dua bulan lalu setidaknya 3,398 orang telah meninggal karena virus corona COVID-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (5/3) lalu meminta semua negara untuk memerangi wabah virus corona COVID-19 yang terus menyebar di puluhan negara.

"Epidemi ini dapat ditekan kembali tetapi hanya dengan pendekatan yang terkoordinasi dan komprehensif yang melibatkan seluruh pemerintah. Kami menyerukan kepada setiap negara untuk bertindak dengan kecepatan, skala, dan tekad yang kuat," tegasnya seperti dikutip dari CNBC.

Para penjabat kesehatan mengatakan bahwa penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini dapat menyebar melalui kontak manusia dengan manusia melalui droplet atau tetesan air liur dari bersin, batuk, dan kuman yang menempel pada benda-benda mati.

Tedros menambahkan WHO belum menyatakan pandemi karena sebagian besar kasus virus corona COVID-19 masih ditelusuri dan belum ada bukti bahwa virus tersebut menyebar bebas di masyarakat.



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)