Minggu, 08 Mar 2020 07:23 WIB

Terpopuler Sepekan: Waspada COVID-19, Tangan Penumpang KRL Ini 'Diplastikin'

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penumpang KRL Commuter Line menggunakan sarung tangan plastik untuk cegah virus corona. Tangannya diplastikin biar bebas kuman (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Masyarakat Indonesia semakin dibuat khawatir oleh virus corona COVID-19 yang muncul pertama kali di Wuhan, China. Pasalnya, virus ini kini sudah masuk ke Indonesia dan menyebabkan 4 pasien positif.

Hal ini mendorong masyarakat untuk lebih ketat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan, terutama saat melakukan rutinitas dengan transportasi umum seperti KRL Commuter Line. Tak hanya menggunakan masker, ada juga yang menggunakan alat lain untuk melindungi dirinya.

Salah satunya yang berhasil ditemukan tim detikcom, seorang penumpang bapak-bapak sampai menggunakan sarung tangan plastik saat berpegangan di KRL dengan rute perjalanan Bekasi - Jakarta Kota. Ia masih menggunakannya hingga turun di Stasiun Manggarai.

Adapun seorang ibu yang mulai melakukan kebiasaan baru sebelum naik ke KRL. Saat hendak naik ke KRL, ia menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu di kedua tangannya.

"Dikasih anak saya, disuruh pakai sebelum naik kereta. Ya mau aja serem juga kan," ujar ibu yang diketahui bernama Sulaihah pada detikcom, beberapa waktu lalu.

Tapi, meskipun masker dan hand sanitizer sudah mulai langka dan mahal, masyarakat yang menggunakan transportasi umum seperti ini masih terlihat santai seperti biasanya. Mereka hanya mulai sering menggunakan hand sanitizer yang disediakan di stasiun ataupun di dalam KRL yang dinaikinya.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)